Career
Cukup 3 Bulan untuk Beradaptasi di Kantor Baru!

15 May 2017


Foto: Fotosearch

Menurut Andin Andiyasari, konsultan karier di KonsultanKarir.com, waktu ideal untuk nge-blend dengan rekan kerja di kantor baru paling lama adalah tiga bulan.

“Paling tidak antara sebulan sampai tiga bulan, kita sudah mendapat gambaran mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di sana dan belajar untuk menyikapinya. Selalu ada alternatif-alternatif solusi yang lebih jitu jika kita mau memikirkannya, kok.”

Nah, jika dalam jangka waktu tiga bulan kita masih juga merasa sulit beradaptasi di kantor baru, Andin menyarankan untuk membicarakan masalah ini kepada bos.

“Misalnya, bila ada rekan kerja yang bersikap kurang kooperatif, boleh membicarakannya ke bos asal dilakukan secara profesional. Nggak perlu menyebutkan nama atau men-judge seseorang, cukup kemukan cara-cara yang sudah kita coba tapi kurang berhasil. Hindari pula sikap mencari dukungan, ya!” tegas Andin.

Seandainya setelah setahun tetap menemui jalan buntu dalam beradaptasi, saatnya berpikir ulang. Siapa tahu, nih, kita memang tidak cocok berada di kantor tersebut. Ngapain bertahan demi gaji selangit sementara batin tersiksa dan selalu stres? Mending cari pekerjaan baru, deh.

Berikut sembilan aturan tidak tertulis untuk beradaptasi di kantor baru:

Dos
√ Kesan pertama sangat penting. So, persiapkan penampilan kita di hari pertama sebaik mungkin dan berusaha konsisten.
√ Mengingat nama, tempat, dan daftar tugas penting yang sudah diberikan. Cari tahu juga perlengkapan kerja yang bisa kita gunakan.
√ Kompetensi menambah pede! Semakin paham job desc, kita lebih yakin terhadap apa yang diharapkan perusahaan dan tahu bagaimana mencapainya.
√ Selalu jujur soalnya rekan kerja nggak tahu bagaimana karakter kita yang sebenarnya. Bila memang bingung, mereka pasti akan dengan senang hati membantu, kok.
√ Selalu semangat menghadapi hari-hari kita di kantor sebagai anak baru. Percaya, deh, nantinya juga ada anak baru yang menggantikan posisi kita, he he he.

Don’ts
X Menjilat bos, flirting dengan rekan kerja paling ganteng, mencat kuku saat menganggur, dan melakukan sikap menyebalkan lainnya di hari pertama bekerja.
X Berasumsi dalam mengerjakan tugas karena ogah bertanya pada rekan kerja. Duh, hanya bikin tugas Anda selesai semakin lama!
X Berbicara negatif soal tempat kerja Anda sebelumnya atau mantan rekan kerja. Hal ini bakal menciptakan kesan negatif juga pada diri Anda.
X Meminjam barang-barang milik rekan kerja tanpa izin—meski cuma lima menit. Memangnya kita juga senang orang lain mengacak-acak meja kerja kita tanpa permisi? (f)

Baca juga:
5 Trik Survive di Hari Pertama Pindah Kerja
4 Tanda untuk Segera Pindah Kerja
Langkah Bijak Atur Uang Setelah Pindah Kerja


 


Topic

#pindahkerja

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?