Career
4 Pelajaran Penting Yang Harus Diketahui Manajer

16 Oct 2018


 #3 Tantangan Peran Ganda
 
Mayra Amanda (36) menjabat sebagai division head di sebuah perusahaan farmasi di Jakarta. Berulang kali ia mengajukan diri untuk mutasi ke luar kota. “Suami dan anak saya tinggal di Bandung. Karena suami tidak mungkin pindah kerja, satu-satunya solusi agar saya bisa tetap bekerja adalah dengan pindah kantor ke kota yang sama dengan keluarga. Walaupun untuk itu saya harus turun level atau trade off karier, saya rela. Saya memang sudah siap dengan konsekuensinya. Namun, tampaknya pihak kantor belum mengizinkan sampai sekarang.”
 
Mengenai hal ini, Mawar mengatakan, “Saya banyak menemukan wanita dari berbagai profesi menghadapi pertentangan ketika tuntutan karier dihadapkan dengan keluarga. Prioritas dan value individulah yang membuat orang menentukan mana yang akan dipilih."
 
Ketika seseorang memiliki prioritas pada keluarga, ada yang akhirnya enggan memilih tawaran untuk naik pangkat, tetapi harus pindah ke luar kota. Ada yang menolak dipromosikan karena itu berarti konsekuensinya ia harus sering menghabiskan waktu di kantor. Intinya, dilema peran ganda yang dihadapi wanita di dunia kerja itu nyata adanya.
 
“Pertanyaan tentang value hanya bisa diselesaikan di level pribadi. Tiap individu itu unik. Ada pula sebagian wanita yang value-nya adalah harmoni. Ia memikirkan karier jangka panjang. Maka, ia akan melihat, kondisi yang ia hadapi sekarang hanyalah kondisi sementara, bukan permanen. Ia juga menganggap tantangan yang ia hadapi dalam karier bisa dicari solusinya. Kita tidak bisa mengambil keputusan berdasarkan pendapat orang. Apa yang dianggap penting bagi tiap orang, berbeda-beda. Dengan demikian, ia sudah siap menangani kendala dan konsekuensi yang akan ia hadapi,” jelas Mawar.
 


Topic

#karier, #wankar

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?