Career
4 Pelajaran Penting Yang Harus Diketahui Manajer

16 Oct 2018


 #2 Saat Kepercayaan Diri Menurun
 
Sebagai yang termuda dalam satu divisinya membuat Nanda (27), yang bekerja di bagian business development, sempat merasa minder dan kurang pede. Pekerjaannya yang sekarang mengharuskannya sering bertemu dan presentasi di depan klien.
 
“Saya suka iri melihat orang lain, kok, bisa begitu percaya diri, gampang bicara dan meyakinkan klien. Saya, kok, masih kaku saja. Kadang-kadang suka takut, enggak pede.”
 
Rendahnya kepercayaan diri bisa menghalangi seseorang untuk berkembang. Menurut Mawar, perlu ditelusuri terlebih dahulu, apa alasan dari ketidakpercayaan diri tersebut. Apakah betul karena merasa kurang punya skill? Atau memang tidak mau ditempatkan di posisinya yang sekarang sehingga pekerjaannya tidak optimal? “Selesaikan dulu hal tersebut dengan diri sendiri,” saran konsultan dengan sertifikat sebagai Associate Certified Coach (ACC).
 
Idealnya, ketika menduduki posisi yang baru, seseorang menyadari apa yang menjadi kelemahannya. Bisa dimulai dengan memetakan hambatannya dan memahami apa saja yang dibutuhkan untuk mengisinya dengan skill yang sesuai. “Mulai dari langkah kecil, apa yang bisa ia lakukan.”
 
Di sisi lain, Mawar juga menekankan, sebaiknya kita jangan berkecil hati jika dalam satu tim menjadi orang yang punya kelemahan dalam hal tertentu. Sebab, bukan tidak mungkin sebetulnya ia punya kekuatan dalam hal lain, yang dilihat oleh pihak manajemen.
 
Mawar mengutip riset dari Gallup tentang adanya 34 kekuatan seseorang yang dibagi menjadi empat area yaitu Executing, Influencing, Relationship Building, dan Strategic Thinking.
 
“Nah, tiap orang punya paling tidak lima kekuatan yang paling menonjol. Akan lebih baik jika kita bisa fokus untuk memanfaatkan kelima talenta yang menonjol itu guna menyelesaikan pekerjaan kita secara lebih optimal, daripada terlalu melihat kekurangan.”
 


Topic

#karier, #wankar

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?