Career
4 Pelajaran Penting Yang Harus Diketahui Manajer

16 Oct 2018


Foto: Shutterstock

Dunia sedang berubah. Ekonomi sulit diprediksi. Industri mengalami disrupsi dan masa depan sedang ditata ulang di depan mata kita. Di era yang penuh ketidakpastian, meraih kesuksesan bukanlah hal yang tidak mungkin. Mawar Sheila, konsultan di Executive Learning Institute Prasetiya Mulya, menyebut era yang sekarang sebagai VUCA atau kepanjangan dari Volatile, Uncertainty, Complex, dan Ambiguity. Karena itu, ada baiknya membekali diri dengan amunisi skill yang tepat. Berikut ini tip-tip profesional untuk lebih menikmati pekerjaan sekaligus memenangkan kompetisi di masa depan. 

#1Mengubah Kesalahan Menjadi Berkah
 
Anggita (30), copy writer sekaligus endorser produk, kini menjadi campaign manager di sebuah perusahaan start up. Namun, setelah 6 bulan menjalani, Anggita merasa ternyata pekerjaannya tidak semudah yang ia bayangkan.
 
“Kalau dulu, menulis status terasa menyenangkan, sekarang malah terasa seperti beban karena menjadi tuntutan. Saya takut salah tulis,” ujar Anggita, yang tiap hari deg-degan takut dapat kritik pedas dari netizen.
 
Menurut Mawar, ketika seseorang menampilkan dirinya di media sosial, ia harus punya sesuatu yang bisa ‘dijual’. "Ada kompetensi yang menjadi core kita, lalu kita tampilkan dalam media sosial. Itu yang membuat influencer bisa bertahan. Dia harus punya tema, punya sesuatu yang memang dirinya, dan ada kekuatannya," katanya.
 
Tidak semua orang yang berhasil di media sosial, juga memiliki kompetensi seperti yang ia tunjukkan di media online. Sebaliknya, tak sedikit orang yang jauh lebih kompeten, tetapi sayangnya tidak jago atau tidak ingin menampilkan dirinya di media sosial. Ketika kesempatan itu berhasil diraih, setidaknya seorang influencer sudah selangkah lebih maju.
 
Mengutip James Altucher, penulis buku Choose Yourself, tujuan atau target yang tinggi harus dimulai dari perjalanan selangkah demi selangkah. Ketika satu peluang kecil terbuka, tinggal bagaimana seseorang mau terus meningkatkan progress, practice, dan persistence. Selalu mencari kemajuan, mau terus berlatih, dan tekun.
 

Ficky Yusrini


Topic

#karier, #wankar

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.