Cake & Cookies
Paten! Resep Macaron Shell dari Adriano Zumbo

7 Apr 2019


Pastry Chef Adriano Zumbo tengah mengetuk seluruh bagian dasar loyang. (Dok. Femina)


Perusahaan distributor Masuya Graha Trikencana mendatangkan pastry chef Australia sekaligus bintang Netflix, Adriano Zumbo ke Jakarta. Jumat, 22 Februari 2019, afternoon tea di The Writers Bar - Raffles Jakarta yang menampilkan desserts karyanya lekas diburu penggemar di Jakarta.
 
Sejumlah pemilik cake shop/ bakery juga mendapatkan undangan untuk bertemu dengan superstar pastry itu di sebuah baking demo berkonsep intimate di dalam dapur hotel Raffles Jakarta. Zumbo mendemokan Yuzu Say Cheese dan Zumbaron, alias macaron gaya Zumbo. Ia menggunakan bahan isi (filling) yang playful, seperti Banana Caramel. Balsamic, Chocolate Brownie, dan Green Tea Yuzu GanacheShell berteknik Italian meringue ini dibentuk menyerupai wajah koala. 

Di sesi ini, Masuya Graha Trikencana memperkenalkan produk yang dikedepankannya, seperti President – Professional Whipping Creams, Cooking Creams, Non-Dairy Whipping Creams, Butter-Aluminium Foil Roll, hingga Cream Cheese. Sebagai sesi penutup, audiens demo masak diberi kesempatan istimewa berbincang-bincang dengan Zumbo selepas baking demo di Raffles Patisserie. 
 


Zumbaron di Raffles Patisserie. (Dok. Femina).
 
Khusus untuk demo ini, ia berbagi buku resep A Sweet Journey yang memuat takaran gramasi untuk segala dessert karyanya yang dijual di Raffles Patisserie. Penasaran kan, bagaimana komposisi macaron shell andalan Zumbo? Femina berbagi resepnya:
 
 
ZUMBARON SHELL
 
Untuk 50 buah
 
300 g almond bubuk
300 g gula bubuk
220 g putih telur
4 g garam
2 g cream of tartar
300 g gula pasir
100 g air
6 g pewarna makanan
110 g putih telur
 
1/ Taruh almond bubuk dan gula bubuk di dalam food processor. Proses hingga halus. Ayak, sisihkan.  
 
2/ Masukkan setengah bagian putih telur (110 gram), garam, dan cream of tartar ke dalam mangkuk kocok stainless steel. Kocok menggunakan mikser berkecepatan sedang hingga lembut.
 
3/ Bersamaan, panaskan gula pasir dan air sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan pewarna, aduk rata. Panaskan hingga mencapai 118 °C dengan bantuan cooking thermometer.
 
4/ Tuang larutan gula panas ini ke dalam mikser berisi putih telur kocok. Naikkan ke kecepatan tinggi dan lakukan penuangan sambil adonan terus dikocok hingga kaku dan suhu adonan tidak lagi panas (± 15-20 menit dan mencapai 50 °C)
 
5/ Masukkan sisa putih telur ke dalam adonan almond bubuk. Aduk rata. Aduk lipat ke dalam putih telur yang sudah dikocok kaku. Tes adonan dengan cara mengangkatnya dengan spatula silicon. Jika adonan dapat jatuh kembali, adonan siap dispuit ke atas loyang.
 
6/ Penyelesaian: Masukkan adonan ke dalam kantung semprot yang sudah dipasang spuit 9 mm. Di atas loyang yang sudah dialasi silpat, spuit adonan ke dalam diameter 5 cm. beri jarak 3 cm di antaranya.
 
7/ Ketuk-ketuk bagian bawah Loyang secara merata untuk menghilangkan gelembung udara (air bubbles) di dalam adonan.
 
8/ Diamkan adonan di suhu ruang hingga permukaanya solid dan terbentuk lapisan kulit.
 
9/ Memanggang: Panaskan oven ke suhu 200 °C. Di saat akan memasukkan Loyang, turunkan ke suhu 160 °C. Panggang hingga matang (± 15 menit). Keluarkan.
 
10/ Macaron shell siap diberi filling. (f)
 
Baca juga: 
Resep Thai Ice Tea
Resep Es Doger Yang Segar
 

 

Trifitria Nuragustina


Topic

#adrianozumbo, #justdesserts, #zumbaron, #resepmeringue

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.