Bread & Pudding
Watermelon Bread

17 Sep 2016


 
TINGKAT KESULITAN     : **
PERSIAPAN                         :  20  MENIT
LAMA MEMASAK             :  150  MENIT
UNTUK                                 :    8   POTONG
KALORI PER POTONG     :  476  KKAL
 
INFO:
  • Seperti melon pan yang bentuk luarnya menyerupai kulit buah melon, watermelon bread memiliki corak roti yang berwarna seperti buah semangka.
  • Bisa juga dibuat dalam ukuran personal dengan membentuk adonan menjadi bola berdiameter 7 cm.
  • Belah 2 kismis untuk mendapatkan ukuran ‘biji semangka’ yang tidak terlalu besar.
  • Agar permukaan roti tidak gosong saat dipanggang, setelah mengembang, keluarkan roti, tutup dengan aluminum foil, lalu panggang kembali.
 
Bahan:

250 ml susu cair
75 g gula pasir berbutir halus
2 sdm mentega tawar
¼ sdt garam
175 ml air es
1 kuning telur ayam
8 g ragi instan
750 g tepung terigu protein tinggi
150 g kismis
3 tetes pewarna merah makanan
3 tetes pewarna hijau makanan
 
Cara Membuat:
  1. Kocok susu, gula, mentega, dan garam menggunakan whisk hingga rata. Tambahkan air, telur, dan ragi, aduk rata. Masukkan tepung secara bertahap, uleni hingga kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 2. Beri pewarna merah pada adonan 1, uleni hingga rata. Beri kismis, uleni hingga rata. Sisihkan.
  3. Bagi adonan 2 menjadi 2 bagian. Beri pewarna hijau pada 1 bagian dan biarkan bagian lainnya polos. Bulatkan. Masukkan tiap adonan dalam wadah terpisah. Tutup dengan kain. Diamkan hingga mengembang (± 25 menit).
  4. Gilas adonan putih menjadi bentuk bulat diameter ± 30 cm, tebal ½ cm. Letakkan adonan merah di atasnya, bungkus dengan adonan putih. Sisihkan.
  5. Gilas adonan hijau menjadi bentuk bulat diameter ± 30 cm, tebal ½ cm. Letakkan adonan merah dan putih di atasnya, bungkus dengan adonan hijau.
  6. Letakkan adonan roti dalam mangkuk bulat tahan panas diameter 20 cm yang telah dioles mentega dan ditaburi tepung. Diamkan hingga mengembang (± 45 menit). Panggang dalam oven panas 175° C hingga matang (± 45-60 menit). Keluarkan. Sajikan.(f)
 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
                  
 
 

Abdul Syukur


Topic

#reseproti

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.