Blog
Untuk Memperoleh Kulit Mulus ala Wanita Korea, Ini Perawatan yang Saya Lakukan

22 Oct 2016


Foto Ilustrasi: Fotosearch

Membahas tip cantik ala para wanita di Korea Selatan memang tidak akan pernah habis. Banyak yang mengatakan mereka cantik berkat operasi. Ada pula yang mengatakan bahwa kemajuan teknologi membuat para wanita di Korea menjadi lebih cantik. Well, itu tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah. Tapi yang pasti, menjadi cantik itu membutuhkan usaha, serta komitmen. Bukan keajaiban semata.

Hal tersebut disadari penuh oleh para wanita di Korea Selatan. Menurut mereka, melakukan operasi pada bagian wajah tertentu merupakan sebuah usaha tambahan, yang sebetulnya tidak dilakukan-pun tidak apa-apa. Operasi tersebut juga tidak lantas membuat wajah mereka putih atau mulus seketika. Lagi-lagi, dibutuhkan usaha ekstra, serta ketekunan.

Selain cleansing yang baik dan menyeluruh, ada tiga langkah mudah untuk memperoleh kulit mulus seperti para wanita di Korea Selatan: perawatan dengan toner, serum, dan moisturizer.

Toner:
Ph natural kulit kita adalah 5,5, jadi kita harus ingat untuk mengaplikasikan toner pada kulit. Jika produk pembersih membuat kulit terasa sangat kering dan kencang, lebih baik segera tambahkan toner. Mengapa? Sebab proses membersihkan wajah dapat mengacaukan kadar pH yang dibutuhkan wajah. Toner, berfungsi menyeimbangkan kadar pH dalam kulit wajah.

Saya menggunakan Etude Wonder Pore Toner. Selain cocok untuk semua jenis kulit, toner ini juga mampu mengurangi blackheads, dan mengecilkan pori-pori. Bagi kulit wajah yang kombinasi cenderung berminyak, toner ini tidak membuat kulit terasa kering. Kulit justru terasa lembut, lembap, dan segar seperti menggunakan air. 

Serum:
Biasanya tahapan menggunakan serum ini selalu dilewatkan, sebab kita beranggapan bahwa wajah sudah cukup terhidrasi sehingga tidak memerlukan penggunaan serum. Padahal, terdapat banyak vitamin penting di dalam serum, sehingga pengaplikasian serum, merupakan langkah yang tak boleh dilupakan. Serum juga membantu mempersiapkan wajah untuk menyerap rangkaian produk perawatan yang akan digunakan setelahnya. Gunakan serum yang mengandung vitamin c, dan retinol yang merupakan anti penuaan, dan merangsang regenerasi sel kulit.

Saya menggunakan Sulwhasoo First Care Activating Serum EX. Ini adalah generasi keempat dari Sulwhasoo First Care Activating Serum yang sudah dirilis sejak 1997 dan menjadi produk laris selama 18 tahun berturut-turut, hingga pada 2015 lalu, Sulwhasoo mengeluarkan generasi terbarunya yang tentunya telah diinovasi menjadi lebih baik sehingga namanya-pun ditambahkan EX di bagian belakang. Untuk seri terbaru ini, Sulwhasoo mengupgrade formula JAUM Balancing Complex, yang merupakan formula unik dari Sulwhasoo. Formula ini mampu membuat kulit menjadi lebih cerah, bersinar, serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Saya sendiri menggunakannya ketika kulit memiliki banyak jerawat besar dan komedo. Regenerasi pada kulit kusam saya terasa sangat efektif ketika pada pemakaian di bulan ketiga, kulit sudah terlihat lebih cerah. Jerawat pun kering, dan lebih cepat menghilang. Pori-pori juga mengecil, sehingga tidak tampak.

Moisturizer:
Terakhir, aplikasikan pelembab, untuk mengunci semua vitamin yang diberikan pada wajah. Seperti pada penjelasan saya di review blog sebelumnya, saya menggunakan Chanel Hydra Beauty Gel yang mampu membuat kulit terasa lembap lebih lama, walau sudah menggunakan make up. Bagi pemilik kulit kombinasi dan berminyak, wajib menggunakan pelembap dengan tekstur gel, agar lebih mudah terserap kulit, dan tidak membuatnya tampak matte. Anda dapat juga menggunakan Wardah Hydrating Aloe Vera, dengan harga yang lebih terjangkau. Produk pelembap Wardah ini memiliki tekstur gel, dan mengandung aloe vera yang menenangkan kulit, dan memberikan efek dingin di wajah. Selain cocok untuk iklim di Indonesia, pelembab ini dapat pula digunakan pada kulit yang terbakar matahari.

Selain pelembap, menggunakan sleeping mask juga membantu membuat kulit berkilau cerah dan awet muda. Saya menggunakan Laneige Water Sleeping Mask, yang digunakan setiap sebelum tidur. Hasilnya, setiap bagun di pagi hari, wajah saya telihat lebih fresh. (f)

Blog Saya Sebelumnya:


Gabriela Pangemanan


Topic

#BlogEditor

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.