Blog
Kulit Wajah Saya Sangat Berminyak, Ini 16 Produk yang Saya Pakai

1 Oct 2016


Foto Ilustrasi: Fotosearch
 
Saya memiliki jenis kulit wajah berminyak dan itu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terkadang Saya masih harus melakukan touch up pada tengah hari sebab kulit saya sudah mulai mengeluarkan sebum-sebum minyak. Selain skincare, tentunya diperlukan riasan yang mampu menghalau minyak-minyak tersebut keluar. Berikut adalah produk- produk yang saya pakai untuk mengatasi minyak di wajah.
 
  1. Setelah membersihkah wajah dengan pembersih khusus kulit berminyak, gunakan masker khusus. Rekomendasi saya; The Queen Helene Mint Julep Masque atau B&SOAP Apate Black Fresh Wash Off Pack. Selain memberikan sensasi segar, masker ini juga melembapkan, dan dapat mengurangi aktivitas sebum dalam memproduksi minyak. Untuk B&Soap Apate Black, karena memiliki kandungan arang organik aktif dari Jeju, Korea Selatan, sehingga diklaim mampu membersihkan hingga ke dalam pori-pori kulit. Keduanya mampu membersihkan sisa-sisa make-up yang belum sepenuhnya hilang ketika kita mencuci wajah, dan cocok untuk pemilik jenis kulit kombinasi. Gunakan selama 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.
  2. Gunakan Etude Wonder Pore Toner. Mengapa toner? Sebab proses membersihkan wajah dapat mengacaukan kadar pH yang dibutuhkan wajah. Toner, berfungsi menyeimbangkan kadar pH dalam kulit wajah.
  3. Setelah pengaplikasian toner, gunakan pelembap. Pelembap tetap penting bagi pemilik kulit berminyak. Jika kulit terasa kering, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak pada kulit. Dengan pelembap, maka secara tidak langsung pelembap ‘menipu’ kulit wajah. Kulit mengira bahwa wajah sudah lembap, sehingga ia tidak akan memproduksi minyak berlebih. Saran saya: Chanel Hydra Beauty Gel Crème. Bisa dengan merek lain, namun pastikan tekstur pelembab tersebut berbentuk gel, yang lebih mudah terserap kulit, dan cocok untuk kulit berminyak.
  4. Ini adalah tahapan paling penting: menggunakan sunblock. Yang paling baik bagi kulit berminyak adalah IOPE Shield Sun Protector. Sunblock ini memiliki SPF 50+ / PA +++ yang mampu melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari secara optimal. Jangan takut dengan sunblock yang menurut Anda dapat membuat kulit terasa berminyak. IOPE memiliki tekstur yang ringan, dan cepat menyerap di kulit wajah. Ia juga tidak memiliki warna, serta memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit.
  5. Lanjutkan dengan mengoleskan primer di area T (hidung dan dahi) wajah, dan juga W (pipi dan hidung). Gunakan Banila Co. Classic Matte Primer, yang mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, dan menyerap kelebihan sebum.
  6. Setelah primer, gunakan cushion powder yang kini sedang banyak diminati. Cushion powder dikenal karena merupakan campuran bedak, dengan bb/cc cream yang membantu memudahkan langkah merias wajah. Untuk kulit berminyak, Hera UV Mist Cushion sangat direkomendasikan. Tambahan kandungan UV-nya membantu melindungi wajah dari radiasi sinar matahari yang merusak kulit wajah. Cara penggunaannya pun berbeda dari penggunaan compact powder. Khusus cushion powder, keluarkan kelebihan bedak dengan menepuk ke tangan, lalu lanjutkan dengan menepuk ke kulit wajah secara perlahan. Pilih yang sesuai dengan tone kulit wajah Anda.
  7. Sempurnakan dengan Laneige Watery Cushon Concealer. Aplikasikan pada area dark spot atau redness di wajah. Seri concealer dari Laneige ini mampu menutupi kekurangan di wajah dengan sempurna.
  8. Dalam merias wajah, biasakan merias area mata terlebih dahulu. Mulai dengan alis. Gambar garis alis agak tebal dari tengah alis hingga ke ujung akhir alis. Bentuk sedikit kekotakan pada area depan alis hingga ke lekungan alis, lalu isi bagian dalam alis dengan lembut. Gunakan K-Palette Two Way Eyebrow atau Etude Drawing Eyebrow. Jangan lupa untuk menyikat alis setelah digambar sempurna, agar bentuk alis terlihat natural.
  9. Untuk eyeshadow dan eyeliner, dapat menggunakan merek apa saja. Saya pribadi menggunakan eyeshadow series Naked dari Urban Decay, dan Superstar eyeliner dari L’Oreal. Untuk eyeshadow Naked, wajib gunakan Eyeshadow Primer Potion terlebih dahulu, agar warna yang dihasilkan sempurna dan lebih terang. Sedangkan untuk pengaplikasian eyeliner, gambar garis lebih panjang mengikuti garis mata untuk menonjolkan mata.
  10. Maskara, dapat menggunakan merek apa saja. Namun rekomendasi saya adalah L’Oreal Superstar Mascara. Maskara ini memiliki dua ujung tip yang mampu mengoptimalkan bulu mata, sehingga Anda tidak perlu menggunakan faux-lashes lagi. Hasil akhirnya juga tidak bergumpal, dan tidak smudging, sehingga cocok juga untuk dipakai berenang. 
  11. Untuk contouring, Nars Trio Pallete memberikan hasil akhir yang matte sehingga cocok untuk kulit berminyak. 
  12. Gunakan bronzer untuk menonjolkan area terbaik pada fitur wajah Anda, seperti tulang hidung, tulang pipi, dahi, dan dagu. Bronzer Too Cool For School ArtClass by Rodin, cocok bagi pemilik kulit berminyak. Bronzer ini memiliki kandungan shimery yang pas, sehingga menghasilkan riasan yang natural.
  13. Untuk lipstick, merek apapun dan jenis apapun dapat Anda gunakan sesuai dengan konsep riasan Anda hari itu.
  14. Selalu gunakan Innisfree No-Sebum Mineral Powder sebagai tahap akhir merias wajah. Seri No-Sebum Mineral Powder dari Innisfree ini memang sudah terkenal mampu menghalau produksi minyak berlebih pada wajah, juga menyerap sebum tersebut. Hanya saja, pastikan Anda membersihkan riasan dengan benar, sebab bedak ini memiliki kandungan Corn Starch yang menjadi makanan favorit bakteri, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan merangsang kulit dalam menimbulkan jerawat. Pilih tekstur powder, dan baurkan tipis saja. (f)

Baca Juga:



Topic

#blogeditor

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.