BizNews
Wise Women Bogor: Dari Belajar Menghitung Gaji Karyawan Hingga Buka-Bukaan Resep Kopi Tuku

6 May 2019


Adrian Tjahjadi membagi ilmu melakukan pencatatan keuangan sederhana. Dok: Femina
 
Yuk, Rajin Mencatat Transaksi
Diawali dengan permainan tentang cerita ‘badak’, Adrian Tjahjadi, Retail Banking Client Growth Specialist Commonwealth Bank membawakan modul Wise Financial Series.  “Dalam bisnis itu selalu berkaitan dengan kesempatan. Ada yang siap, ada yang nggak siap. Acara ini misalnya, ini adalah kesempatan untuk belajar,” ujar Adrian.
 
Ia lalu menambahkan, ada dosa-dosa keuangan yang kerap dilakukan pemilik usaha, yaitu 1/ tidak melakukan pencatatan, 2/ rekening usaha dicampur dengan rekening pribadi, 3/ hasil keuntungan usaha habis dikonsumsi termasuk dipakai jalan-jalan, 4/ tidak menggaji diri sendiri. Tidak dipungkiri, pencatatan keuangan sering dipandang sebagai hal yang ribet dan memusingkan. Sehingga akhirnya ditunda-tunda. Karena itu, Adrian pun membagi ilmu melakukan pencatatan keuangan yang sederhana.
 
“Ada 3 laporan yang harus dimiliki pemilik usaha yaitu 1/ laporan pencatatan transaksi, 2/ laporan laba rugi (karena bila tidak memilikinya bisa saja merasa sudah untung ternyata sebetulnya tidak), dan  3/ neraca keuangan. Dengan memiliki ketiga laporan ini maka bisa dijadikan acuan untuk strategi bisnis ke depan,” ujarnya.
 
Selain itu, cara menentukan gaji karyawan dan gaji owner juga menjadi tantangan para pemilik bisnis UKM. Adrian memiliki formula, bagaimana menghitung gaji karyawan:
1/ Total gaji tidak boleh 15 persen dari seluruh omzet usaha
2/ Minimal sama dengan UMR
3/ Kenaikan minimal sesuai inflasi (contohnya, 3,13% pada tahun 2018)
4/ Untuk diawal usaha, bisa sebagai hutang perusahaan

Baca Selanjutnya: Konsep Kopi Tetangga Yang Sukses
 


Topic

#wisewomen, #wanwir, #wirausaha

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?