BizNews
Wirausaha Asal Yogyakarta Ini Menang Modal Usaha Rp1 Miliar dari MAKERFEST Berkat Bisnis Makanan Pendamping ASI

28 Jan 2019


Dok: Tokopedia

Setelah mengadakan roadshow di delapan kota di Indonesia, puncak acara Makerfest (empowered by Tokopedia) pada Desember lalu mengumumkan Stella Elvina, pemilik usaha makanan bayi OMO! Healthy Snack asal Yogyakarta, sebagai juara pertama kompetisi bisnis dan berhak mendapatkan hadiah modal usaha sebesar Rp1 miliar.

Stella berhasil menjadi pemenang setelah menjalani penilaian yang ketat oleh enam orang juri berpengalaman yakni William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Gati Wibawaningsih (Dirjen Industri Kecil dan Menengah, Kemenperin), Andi F. Noya (wartawan senior), Arto Soebiantoro, Yoris Sebastian dan Ben Soebiakto (praktisi-praktisi Brand & Marketing).

Makerfest dalah sebuah gerakan independen pemberdayaan kreator lokal yang hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline dan online bagi para kreator Indonesia untuk merealisasikan dan mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand kelas nasional yang mendunia.

Stella mengawali bisnis OMO! Healthy Snack pada pertengahan tahun lalu dari keinginannya untuk membuat Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bergizi untuk anaknya. Pengalaman kesulitan menemukan snack bergizi yang praktis mendorong Stella untuk belajar membuatnya sendiri. Ia lalu menggandeng ahli gizi untuk membantu mencarikan formulasi yang tepat. Hingga lahirlah produk OMO! Healthy Snack yang tidak mengandung garam, MSG, maupun gula.

“Saya ingin memberikan snack yang aman untuk dikonsumsi bayi, apalagi bayi sangat sensitif dalam hal makanan,” ungkap Stella yang bersyukur karena mengikuti kata hatinya untuk mendaftar Makerfest, walaupun di hari terakhir, hingga akhirnya keluar sebagai juara.

Kebiasan Stella membagikan info mengenai OMO! Healthy Snack dan MPASI melalui media sosial ternyata membawa berkah. Snack buatan Stella banyak diminati dan mulai dijual satu per satu dari individu ke individu lain. Melihat perkembangan dan peluang yang baik, Stella kemudian serius mengembangkan bisnis ini dari segi formula hingga pengemasan. Ia juga mulai memanfaatkan platform marketplace seperti Tokopedia untuk memasarkan produknya.


Dok: Tokopedia

 

Setelah berhasil mendapatkan hadiah Rp1 miliar, Stella berencana membeli mesin untuk meningkatkan produksi. “Saat ini, bentuk OMO! Healthy Snack tidak ada yang sama karena handmade. Produksinya pun tidak bisa banyak karena keterbatasan SDM. Dengan membeli mesin, saya berharap kualitas OMO! Healthy Snack bisa meningkat dan bisa memenuhi permintaan pasar,” kata Stella.

Langkah ini dirasa Stella perlu dilakukan, karena setelah memenangkan kompetisi Makerfest, omzet OMO! Healthy Snack meningkat drastis. Saat diluncurkan pada September 2018, omzet OMO! Healthy Snack sekitar 5-20 juta. Kini, omzet OMO! Healthy Snack meningkat hingga 250-300 juta. (f)


Baca Juga: 

4 Kunci Sukses Dapur Cokelat Tetap Eksis Hingga Kini
Tokopedia Menyebutkan Peluang Besar Pasar E-Commerce Ada di Luar Pulau Jawa
Rina Trisnawati, Lewat Tintin Chips Berdayakan Ibu-Ibu Yang Memiliki Anak Disabilitas









 



Faunda Liswijayanti


Topic

#makerfest, #wanitawirausaha, #wirausaha, #bisnis

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.