BizNews
Tokopedia Menyebutkan Peluang Besar Pasar E-Commerce Ada di Luar Pulau Jawa

11 Jan 2019

Dok. Tokopedia


Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi internet terbesar dan tercepat di Asia Tenggara, tak dipungkiri semua orang semakin terkoneksi. Menjadikan internet sebagai bagian yang tak bisa lepas dari masyarakat Indonesia masa kini.

Internet pun menjadi faktor pendorong perekonomian karena dari tahun ke tahun angka pembelanjaan online terus meningkat dan memengaruhi tren pembelian masyarakat Indonesia. Bagi pebisnis, sangat penting untuk memahami perilaku online konsumen Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya.

Memasuki tahun 2019, Tokopedia salah satu perusahaan teknologi Indonesia dengan platform marketplace, teknologi keuangan, produk digital, logistik serta pembayaran, menunjukkan data-data menarik sepanjang tahun 2018 yang bisa menjadi insight untuk Anda:

1/ Sepanjang tahun 2018, Gross Merchandise Value (GMV) Tokopedia meningkat hingga 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

2/ Tokopedia mencatat adanya peningkatan jumlah transaksi di luar pulau Jawa sebesar 66% dari tahun sebelumnya.

3/ 25% dari total penjualan barang di Tokopedia dikirim menggunakan same-day service.

4/ Total penjualan saldo E-Money di Tokopedia tercatat cukup tinggi hingga bisa digunakan untuk melintasi tol Jakarta-Surabaya sebanyak 120.000 kali.

5/ Total penjualan saldo M-Tix di Tokopedia dapat digunakan untuk membeli tiket bioskop bagi 5 kali jumlah penduduk kota Padang.

6/ Pupuk yang terjual di Tokopedia dapat digunakan untuk menyuburkan lahan seluas 7 kali kota Medan.

7/ Sebanyak 16 juta botol minum sudah terjual di Tokopedia. 

8/ Total mangkok yang terjual di Tokopedia bisa digunakan sebagai mangkok bakso bagi seluruh penduduk Tangerang Selatan.

9/ Total buah-buahan yang terjual di Tokopedia bisa digunakan untuk mengirim sebanyak 135.000 parcel buah. (f)

Baca Juga: 
Mencari Kue Natal untuk Dibawa ke Rumah Kerabat? Cek Koleksi 6 Tempat Ini!
5 Kunci Menggaet Investor

 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#ecommerce, #konsumenonline