BizNews
Tanpa Pelayan, Sushi di Restoran Ini Diantar di Atas Kereta Cepat

13 Nov 2017

Sukses membuka 12 gerai di Jakarta dan Surabaya, Genki Sushi melebarkan jangkauannya di Tangerang, di titik strategis Supermal Karawaci.
 
Kembali berbeda dengan gerai sushi dari brand lainnya, Genki Sushi yang terletak di upper ground mal itu hadir dengan conveyor belt yang didesain menempel di tiap meja tamu. Ini disebut kousuku lane, yakni conveyor belt berkecepatan tinggi. 

Hidangan pesanan tamu diantar melalui kereta cepat di atas shinkansen mini. Pramusaji hadir hanya di awal kedatangan tamu, untuk mengantarkan tablet sebagai media pemesanan menu yang dilakukan secara mandiri dan mengantarkan minuman.
 
Konsep sushi yang bergerak cepat di atas shinkansen juga dilakukan agar tamu dapat sesegera mungkin merasakan kualitas terbaik dari suatu bahan. Sashimi tersegar mantap hadir untuk dinikmati selekasnya.
 
Di negara asalnya di Jepang, konsep pelayanan yang efisien umum ditemui. Sumber daya manusia yang terbatas mendorong pebisnis untuk mengembangkan kepraktisan pelayan dibantu teknologi. Praktik lain yang ditemui adalah memesan ramen menggunakan tiket yang diperoleh dari menu pada mesin dengan bentuk mirip vending machine.
 
Bagi orang Jakarta yang pertama kali mencoba gerai perdana Genki Sushi di Indonesia, di area The FoodHall Plaza Senayan pada tahun 2014, sushi di atas kereta cepat adalah pengalaman baru. Sebelumnya di banyak tempat, conveyor belt sebatas didesain mengitari open kitchen para koki dan berjalan melalui rute bar. Sushi-nya beragam gaya dan bisa diambil sesuai keinginan tamu. Di antara segunung penggemarnya adalah anak-anak yang memandangnya sebagai hiburan selagi makan!
 
Yang tak banyak diketahui penikmat Genki Sushi, bahwa sushi yang mereka pesan pun dicetak menggunakan alat khusus. Para koki di restoran yang berpayung di bawah grup MAP ini juga konsisten mengganti sarung tangan per jam agar makanan tetap higienis. 

 “Selain mengakomodir tingginya permintaan dan antusiasme konsumen Tangerang akan sushi berkualitas, lokasi ini dipilih karena telah diakrabi dan mudah diakses oleh warga setempat,“ ujar Demmy Indranugroho, Head of Marketing Genki Sushi Indonesia.
 
Berdiri puluhan tahun lalu di Jepang, Genki Sushi dikenal sebagai salah satu restoran dalam jajaran pembawa konsep kaiten sushi, yakni sushi yang diantarkan melalui conveyor belt, pemandangan yang kini jamak di restoran sushi di seluruh dunia.
 
Teknologi ini diperkenalkan di tahun 1958, diinspirasi kunjungan Yoshiaki Shiraishi ke Asahi Beer Factory, saat itu botol-botol bir bertransportasi dalam pabrik di atas conveyor belt.
 
Setelah teknologi ini diterapkan di kedai sushi mungil miliknya di Osaka, hadir chef Saito Fumio yang mencium potensi ini dan memopulerkannya di restoran di daerah Utsunomiya yang menjadi cikal bakal Genki Sushi. Langkah awal moderninasi di dunia penyajian sushi(f)
 

Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#inforestoran, #sushi