BizNews
Pengabdi Setan Jadi Film Indonesia yang Paling Banyak Ditonton Sepanjang Tahun 2017

9 Mar 2018


Foto: Pixabay
 
Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia akhir Februari 2018 lalu, terkait sektor ekonomi kreatif, khususnya di bidang perfilman menunjukkan bahwa jumlah penonton film Indonesia di bioskop mengalami peningkatan yang sangat tinggi.  
 
Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan bahwa jumlah penonton bioskop di Indonesia pada 2017 mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah penonton pada tahun 2015.  
 
"Pada tahun 2015, film nasional ditonton 16 juta penonton, sedangkan pada tahun 2017 jadi 42,7 juta penonton," ungkap Triawan dalam sambutannya pada acara kongres Asosiasi Sutradara Film Indonesia (Indonesian Film Directors Club) di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
Triawan menambahkan bahwa peningkatan itu tidak terlepas dari kualitas film karya sutradara Indonesia juga mengalami peningkatan. “Saya berharap sutradara-sutradara terus membuat film yang berkualitas, sehingga dunia perfilman Indonesia layak disebut sebagai industri yang menjanjikan,” katanya.
 
Memang, di tahun 2017 beberapa film Indonesia menorehkan pencapaian yang baik dari segi jumlah penonton. Sebut saja, Pengabdi Setan  dengan jumlah penonton 4,2 juta, disusul Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 dengan 4,08 juta penonton.
 
Sementara itu, Riri Riza dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa masih banyak masalah serius yang dihadapi oleh sutradara film Indonesia dalam berkarya. Contohnya persekusi yang terjadi pada 2 film yaitu Bid'ah Cinta dan Naura & Genk Juara.
 
Namun demikian, sutradara Indonesia yang telah tergabung dalam Asosiasi Sutradara Film Indonesia (IFDC) berkomitmen untuk memperbaiki kualitas profesi yang diwujudkan dalam hasil karya.
 
IFDC didirikan pada tahun 2012, memiliki anggota aktif sekitar 52 orang. Beberapa di antaranya Anggy Umbara, Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Kamila Andini, Lasja Fauzia Susatyo, Nia Dinata, Ody Harahap, dan Riri Riza. (f)

Baca Juga:
Mouly Surya, Film Adalah Panggilan Hidup

Film Sekala Niskala Karya Kamila Andini Raih Grand Prix di Berlin International Film Festival 2018


Simak juga:





 


Desiyusman Mendrofa


Topic

#sutradara

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.