BizNews
Ini Alasannya Mengapa Penting Untuk Memasarkan Bisnis Anda Secara Online!

12 Oct 2017


Foto: Vini Damayanti


Saat memutuskan untuk buka usaha sendiri, ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan agar bisnis dapat berjalan lancar. Salah satunya, strategi pemasaran yang tepat. Di era kemajuan teknologi seperti ini, pemasaran secara digital dipercaya memegang peranan penting.
 
Menyadari kekuatan digital untuk bisnis, JNE mengadakan pelatihan bagi UKM di 18 kota di Indonesia melalui program JNE Ngajak Online. Pada 10 Oktober lalu, giliran para wirausaha di kota Pangkalpinang, Bangka yang mendapatkan edukasi seputar pemasaran secara digital. Sekitar 100 pelaku bisnis sendiri pun hadir di acara yang berlangsung di Hotel Grand Puncak Lestari ini.
 
“Kami ingin memberi pemahaman kepada pelaku bisnis di Pangkalpinang kalau usaha mereka akan makin berkembang lagi jika dipasarkan di luar kota, bahkan di luar negeri. Oleh karena itu, kami mengundang pakar digital marketing hingga pelaku bisnis yang terbukti sukses melakukannya,” ujar Asbullah, Branch Manager JNE Pangkalpinang.
 
Saat ini, menurut Suwandi, penyuluh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung, ada sekitar 12.000 UKM dan reseller di Provinsi Bangka Belitung. Namun sayangnya, masih banyak di antara mereka, termasuk UKM di Pangkalpinang, masih pasif memasarkan produk secara online.
 
Tidak bisa dipungkiri, minimnya pengetahuan tentang pemasaran secara digital membuat banyak dari mereka yang lebih suka berbisnis secara manual alias offline. Padahal, banyak di antara mereka memiliki produk yang bagus dan berpotensi untuk lebih besar. Ini diakui Edwina Yudianti, Head of Regional Sumatra JNE.
 
“Di seminar JNE Ngajak Online kami berusaha memberikan gambaran kebutuhan-kebutuhan UKM untuk memasarkan produknya secara online. Termasuk cara foto produk agar lebih menarik sehingga menarik minat pengunjung dunia maya yang bisa berasal dari kota atau negara lain,” ujar Edwina.


Foto: Vini Damayanti
 
Para wirausaha di Provinsi Bangka Belitung, menurut Suwandi saat femina wawancara di sela-sela acara, baru sekadar punya fanpage di Facebook atau Instagram yang memajang produk-produk jualan. Namun, banyak di antara mereka yang belum punya website sendiri yang dapat mempermudah pemasaran produk. Selain minimnya pengetahuan, usaha lebih yang diperlukan untuk berdagang secara digital juga menjadi alasan mereka lebih suka jualan secara manual.
 
Suwandi juga menuturkan kalau pemerintah melalui kalau Disperindag Bangka Belitung telah menyediakan domain web melalui program lahmuter, lahlapar, dan lahpintar—semua berbasis data. Jadi jika membuat web di domain lahlapar, misalnya, UKM akan bisa mendapat lebih banyak pelanggan karena pengunjung web jadi bisa tahu lokasi wisata kuliner lalu mendatangi langsung atau order via web. Namun, banyak di antara UKM yang enggan berpartisipasi dengan alasan keberatan membayar biaya untuk pembuatan web. Namun Suwandi menilai alasan sebenarnya bukan karena biaya, melainkan karena mereka tidak mau repot belajar dan mengurus penjualan secara online.
 
Oleh karena itu, Suwandi yang juga tampil sebagai pembicara di acara ini sangat menyambut baik JNE Ngajak Online karena membawa pelaku bisnis online untuk menjadi pembicara. Dengan begitu, wirausaha mendapat gambaran langsung dari sesama wirausaha. Di acara ini, Hendrata atau yang akrab dipanggil Momon, pemilik toko kamera Katana Wakizashi menceritakan pengalamannya selama menjalankan usaha. Hingga akhirnya, dia memperoleh peningkatan penghasilan yang cukup signifikan karena dipasarkan secara online alias melalui Bukalapak.
 
“Acara JNE ini sangat bagus karena mengedukasi pebisnis mulai dari proses awal untuk memasarkan produk, pengemasan, hingga memberikan contoh secara langsung dari pelaku bisnis yang sukses mengembangkan usahanya melalui e-commerce. Jika melihat hasilnya secara nyata, biasanya mereka akan lebih tergiur. Ini lebih efektif untuk mengajak mereka go digital,” tambah Suwandi. (f)

Baca juga:
5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri
Ini Inovasi Google Untuk Memaksimalkan Internet Bagi Orang Indonesia, Mulai dari YouTube Go Hingga Primer (Aplikasi Bagi Pebisnis)
Bisnis Mandek, Sebaiknya Berhenti Saja?

 
 

Vini Damayanti


Topic

#tipbisnis, #JNE