BizNews
Coba Hidangan Unik Minang; Gulai Tambusu, Sambal Tulang, dan Rendang Daun

29 Dec 2018

Foto: Dok. NUSA Indonesian Gastronomy.

NUSA Indonesian Gastronomy
Jl Kemang Raya No. 81
Jakarta Selatan
(021) 7193954
 
Salah satu jenis rendang yang menarik dan mungkin belum pernah Anda dengar adalah rendang yang terbuat dari berbagai dedaunan lokal. Ini cara arif memanfaatkan bahan yang banyak tersedia, dengan bumbu yang sudah akrab di lidah masyarakat.
 
Dalam rilis, NUSA Indonesian Gastronomy berbagi cerita dari hasil perjalanan chef-owner Ragil Wibowo ke Sumatra Barat, termasuk pengalaman sang chef dalam membuat rendang yang konon bisa terkomposisi atas 120 jenis dedaunan ini.

Ia bertemu dengan para ibu di Desa Batu Bulek, Tanah Datar, untuk belajar langsung pembuatannya. Tak ketinggalan hal istimewa, mencari langsung dedaunan ini di hutan dan pekarangan. Kearifan setempat mengenai khasiat ragam dedaunan ini turut dipelajari olehnya. 
 
 
Foto: Dok. NUSA Indonesian Gastronomy.
 
Para ibu menyebutkan bahwa leluhur mengkreasikan hidangan ini sebagai cara membujuk anak-anak untuk makan sayur. Bumbu rendang yang gurih dan berempah, memancing selera makan. Terkadang ditambahkan daging belut untuk menambah cita rasa. Ini namanya Rendang Baluik
 
Cerita lain menyebutkan bahwa foliage rendang, begitu hidangan ini diistilahkan dalam bahasa asing, lahir sebagai cara kreatif tetap makan enak di tengah sulitnya mencari dan membeli daging pada masa perang.
 
 Foto: Dok. NUSA Indonesian Gastronomy.
 
Perjalanan berbuah hasil. NUSA Indonesian Gastronomy merancang menu makan malam Magnificent Minang - The Journey to The Heartland of Rendang and Kapau, mengandalkan sebagian besar bahan yang didapat dari daerah asal. Selama Desember hingga Januari, tersedia hidangan yang jarang ditemui di restoran Padang kebanyakan.
 
Tamu diajak untuk mencoba 3 / 5 / 7 course di antaranya sambal tulang, gulai tambusu, dan tentunya rendang dedaunan. Selama bulan tersebut pula, tamu bisa datang pada pukul 14.00 - 17.00 WIB untuk menjajal à la carte dessert, salah satunya Bubur Kampiun bergaya progresif. Harganya dimulai dari Rp80.000, termasuk kopi atau teh Indonesia. Jangan lupa reservasi jika ingin menyelami cita rasa Minang yang diolah melalui pendekatan modern khas NUSA ini. (f)
 
 


Trifitria Nuragustina


Topic

#nusaindonesiangastronomy, #indonesianfood, #westsumatra, #masakanlokal, #masakanindonesia, #kulinernusantara, #rendang

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.