BizNews
Dorong Ekspor, Pendaftaran Good Design Indonesia 2019 Dibuka Secara Online

31 Jan 2019


Dirjen PEN Arlinda (tengah) didampingi Ari Satria (kiri) saat pengumuman pemenang GDI 2018
Foto-foto: Yos
 
Untuk mendorong peningkatan ekspor non migas Indonesia, ajang Good Design Indonesia 2019 (GDI) dibuka. Ajang yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) ini mengundang para desainer dan pemilik usaha untuk mendaftarkan produk terbaik mereka.
 
Ajang GDI 2019 yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga kali adalah ajang yang diadopsi dari ajang serupa di Jepang, yaitu Good Design Award yang dulu dikenal dengan nama G-Mark.
 
Ajang GDI ini merupakan kerjasama Direktorat Jendral PEN dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO) yang mengembangkan sistem penjurian, termasuk mengundang juri dari Good Design Award Jepang, termasuk promosi Good Design Indonesia di pasar internasional.
 
“Lewat GDI, desain diharapkan memberikan nilai tambah untuk bisa memasuki pasar internasional, yang akhirnya bisa mendorong ekspor non migas Indonesia. Karena, peraih GDI juga difasilitasi Direktorat Jendral PEN untuk mengikuti ajang G-Mark Jepang,” ujar Ari Satria, Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Kemendag, dalam peluncuran ajang Good Design Indonesia 2019.
 
Direktur Jendral PEN Arlinda mengatakan, GDI merupakan pengakuan yang diberikan kepada desainer atau pelaku usaha berorientasi ekspor atas keberhasilan menciptakan desain produk. "Tidak hanya yang bernilai seni tinggi, juga harus memiliki sisi komersial agar dapat masuk pasar ekspor," ujarnya.
 
Prestasi Indonesia sendiri di ajang G-Mark sudah menggembirakan. Pada G-Mark 2018, Indonesia mengirimkan 17 produk (14 di antaranya adalah peraih GDI 2017 dan 2018), dan hasilnya Indonesia menyabet 7 penghargaan bergengsi, yaitu sepeda bambu “Spedagi Bamboo Bike” karya Singgih Kartono yang meraih G-Mark Best 100, dan 6 penghargaan kategori G-Mark Good Design yaitu Daihatsu Terios (pemenang GDI of the Year 2018), Kursi Lukis Armchair, Kain Bamboo Batik, Arang Gambar, Lubang Angin ‘Dashdot’ dan Cold Drip Coffee Maker.
 

Lubang Angin 'Dashdot' yang menyabet G-Mark 2018.
 
 
Sebagai kolaborator, Presiden Direktur Jetro Keishi Suzuki mengatakan, ada 3 hal penting atas keberadaan GDI.
 
1/ Berkontribusi pada peningkatan ekspor di Indonesia. Karena, ketika suatu produk memenangi GDI dan G-Mark, maka berkesempatan dikenal secara internsional. “Tahun lalu, denga menyabet 7 kemenangan Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara kedua dengan kemenangan terbanyak,” ujar Keishi.
 
2/ Memperkuat UKM. Karena, untuk mengikuti GDI tidak perlu perusahaan besar. Dan dari sepanjang penyenggaraan G-Mark yang tahun ini sudah ke-63 begitu banyak UKM yang berhasil mendapatkan G-Mark. Tiap tahun, 4000 lebih produk yang berkompetisi dari seluruh dunia.
 
3/ Bermanfaat bagi pendidikan. Karena GDI merupakan penghargaan bagi desainer untuk memberikan motivasi untuk berkarya.
 
“Kami ingin berkolaborasi lebih banyak lagi untuk pelaksanaan GDI dengan bekerjasama mencari dan memilih desain-desain yang terbaik, termasuk mengundang perwakilan G-Mark dan mempertemukan dengan perusahaan yang mendapatkan GDI,” katanya.
 
Sebagian peserta GDI 2018.
 
Pendaftaran GDI 2019 bisa dilakukan secara online lewat www.iddc.kemendag.go.id mulai dari 24 Januari dan ditutup 24 Maret 2019, untuk kemudian melewati tahan seleksi dan pengumuman pemenang pada Juni mendatang. Peserta dibuka untuk para desainer dan pemilik usaha di Indonesia dengan syarat produk dibuat di Indonesia.
 
“Tahun ini mengalami perkembangan kategori. Bila tahun lalu ada 6 kategori yang diikuti oleh 256 pendaftar, maka tahun ini ada 16 kategori. Dengan demikian diharapkan kian banyak peserta yang mendaftar dan kian terbuka peluang untuk memenangi G-Mark mendatang,” imbuh Ari Satria. (f)


Yoseptin Pratiwi


Topic

#wanwir, #g-mark, #ekspor, #design

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.