Beauty Trend
Operasi Plastik, Dulu Tabu Sekarang “Diserbu”

3 Oct 2018



Foto: Shutterstock

Seperti tren produk kecantikan dan hasil riasan yang effortless, keinginan mengejar cantik alami dengan jalan yang relatif instan ini juga ditemukan pada para pasien yang datang berkonsultasi di klinik bedah estetika.

Menurut dr. Tompi, ia tidak pernah menemui pasien yang ingin merombak habis wajahnya hingga terlihat seperti boneka Barbie. Meski begitu, dr. Tompi mengaku bahwa sekitar 30% pasien datang ke tempat praktiknya dengan membawa foto orang lain, atau idolanya yang memiliki fitur wajah yang mereka inginkan. “Namun, pada akhirnya mereka tetap ingin menjadi diri sendiri, hanya lebih baik,” lanjutnya.

Dari beberapa jenis tindakan bedah plastik yang dilakukannya, lima yang paling digandrungi oleh pasien adalah operasi perbaikan bentuk hidung, membuat lipatan mata, menghilangkan kantong mata, meniruskan wajah, dan membentuk dagu.
 

"Bedah plastik itu sifatnya hanya enhancing, atau mempercantik, bukan merombaknya menjadi orang lain. Ini filosofi yang saya pegang sebagai seorang profesional," ungkap dr. Tompi.


Menurutnya, sekian puluh tahun seseorang melihat wajahnya di kaca, jika tiba-tiba ia memandang wajah yang sama sekali berbeda, maka orang tersebut dapat mengalami krisis identitas.

Oleh sebab itu, sebagai spesialis bedah, ia tidak begitu saja menuruti kemauan pasien. “Apabila dari hasil penilaian medis kami seseorang tidak perlu melakukan tindakan tertentu, maka kami tidak akan memaksakannya. Sebab, besar kemungkinan hasilnya tidak signifikan dengan besar biaya yang harus dibayarkan,” jelasnya.

Di fase inilah pentingnya konsultasi dengan dokter dilakukan. Sebab, meski datang dengan masalah yang sama, tindakan yang diberikan bisa saja berbeda. “Beda penyebab, maka berbeda pula tindakan yang diberikan. Di sinilah pentingnya konsultasi,” kata dr. Tompi. (f)


Baca juga
5 Hal Penting Diperhatikan Sebelum Melakukan Bedah Kosmetik
Yuk, Kenalan dengan Teknologi Tanam Benang


 


Topic

#Kecantikan, #Kesehatan, #BedahEstetika, #OperasiPlastik

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?