Beauty Trend
Operasi Plastik, Dulu Tabu Sekarang “Diserbu”

3 Oct 2018


Foto: Shutterstock
 
Dulu, orang akan mengelak mentah-mentah fakta bahwa dagu lancip, wajah tirus, dan hidung mancung mereka merupakan hasil dari berbagai terapi kosmetik. Sekarang, tak sedikit yang dengan bangga mengaku bahwa ‘wajah baru’ mereka adalah hasil tangan dingin profesional yang tengah jadi buah bibir di media sosial.

Tidak hanya membawa efek bahagia, tapi perbaikan fitur wajah dan tubuh yang mereka lakukan dengan biaya tak kecil itu juga bisa secara instan mendongkrak nilai diri dan rasa percaya diri mereka.
 

“Makin ke sini, orang akan menganggap bahwa ini adalah hal yang biasa dan tidak perlu ditutup-tutupi,” ungkap Dokter spesialis bedah plastik, dr. Teuku Adifitrian, Sp.BP, yang akrab disapa dr. Tompi ini.


Di satu sisi, dr. Tompi melihat bahwa arus informasi ini ikut membangun pemahaman yang benar tentang berbagai perawatan kecantikan, termasuk di dalamnya tentang teknik bedah plastik. Sebab, selama ini masih banyak orang di Indonesia yang memiliki pemahaman salah terhadap bedah plastik.

Banyak orang Indonesia, bahkan pasien yang datang berkonsultasi kepadanya, yang masih memiliki pemikiran ekstrem bahwa bedah plastik itu operasi yang memasukkan bahan-bahan plastik ke dalam tubuh. Ini jelas keliru.

“Hanya bahan-bahan yang memenuhi kriteria medis dan aman yang bisa ditanamkan ke dalam tubuh. Informasi ini sudah banyak terkoreksi dengan adanya berbagai informasi tentang bedah plastik di situs-situs kesehatan yang tepercaya,” papar salah satu pendiri Beyoutiful Aesthetic Clinic, di Jakarta, ini.

Media sosial juga ikut mengubah dari yang dulunya melakukan bedah plastik dengan sembunyi-sembunyi, sekarang justru orang saling berbagi rekomendasi klinik yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

”Jadi, ada unsur show off atau pamer juga. Apalagi jika mereka merasa sangat puas dengan hasilnya,” kata dr. Tompi. Seperti yang diwakili oleh 15% - 20% pasien yang datang ke kliniknya. Persentase sisanya adalah pasien yang tidak malu mengakui, tapi cenderung tidak membuka informasi ini untuk umum. Klik halaman berikutnya
 

Naomi Jayalaksana


Topic

#Kecantikan, #Kesehatan, #BedahEstetika, #OperasiPlastik