Beauty Trend
7 Minyak Aromaterapi Favorit

9 May 2016


1. Jasmine
 
Ekstrak Jasmine sedikit berbeda dari minyak esensial lainnya. Diekstrak dari Jasminum grandiflorum, sebuah cemara di Cina. Melalui proses yang cukup panjang mulai dari ekstraksi pelarut, disambung dengan proses bunga ditempatkan di atas lemak untuk menyerap wewangian yang prosesnya membutuhkan waktu beberapa hari, namun hanya menghasilkan sedikit minyak. Oleh karena itu Jasmine adalah salah satu minyak esensial yang paling mahal. Selain prosesnya, minyak aromaterapi Jasmine memiliki sifat penyembuhan yang kuat.

Manfaat: 
  • Minyak dapat diteteskan untuk mandi, untuk vaporizer, dan memijat.
  • Jasmine telah dikenal untuk meringankan depresi dan proses melahirkan, serta meningkatkan gairah seksual.
  • Membantu juga masalah pernapasan, masalah kecanduan, dan mengurangi ketegangan dan stres.
  • Cocok untuk ibu hamil, dan pijat pasagan sehingga jauh dari kehambaran dalam urusan “tempat tidur”, serta bagi Anda yang mau mencoba berhenti dari suatu kebiasaan seperti merokok.


2. Bergamot

Minyak beraroma sitrus yang manis ini diekstrak dari pohon jeruk Beragamia, yang berasal dari Asia Tenggara, namun sekarang dapat ditemukan terutama di Italia dan di sepanjang Pantai Gading . Ini adalah minyak aromaterapi yang populer dan banyak digunakan juga dalam parfum dan cologne.
 
Manfaat: 

  • Efeknya yang menenangkan dan membangkitkan semangat ini mengobati stres, depresi, kecemasan, anoreksia, dan sejumlah infeksi termasuk infeksi kulit seperti psoriasis dan eksim.
  • Bergamot menjadi salah satu minyak aromaterapi favorit karena bekerja merangsang hati serta sistem pencernaan dan limpa.
  • Khasiatnya tidak hanya itu saja dapat membantu mengurangi minyak dan menghilangkan jerawat serta noda-noda gelap.
  • Anda yang telah berjibaku dengan pekerjaan yang sangat padat dan ingin menenangkan hati dan pikiran sejenak untuk mendapatkan kembali semangat yang hilang karena lelah. Sehabis pijat Anda pasti merasa lebih tenang dan segar kembali. Serta bagi Anda yang ingin memberi treats pada wajah agar lebih segar dan bersih dari berbagai masalah jerawat dan noda hitam.


3. Chamomile

Diekstrak dari daun bunga Chamomile yang mana terdapat dua jenis, Chamomile Romawi dan Chamomile Jerman. Minyak aromaterapi dapat diekstraksi dari keduanya, tetapi sifat penyembuhan yang sedikit berbeda. Kedua varietas Chamomile dapat dicampur dengan minyak pijat, digunakan pada terapi uap, atau dicampur dengan lotion dan krim.

Manfaat: 

  • Memberi efek menenangkan yang dapat mengangkat bad mood, serta dapat bekerja sebagai antibiotik, antiseptik, dan antidepresan alami. Chamomile Romawi : Digunakan untuk mengobati eksim, dermatitis, dan psoriasis, bintik-bintik dan jerawat, serta menyembuhkan luka dan bekas luka. Bahkan dapat digunakan di dalam obat kumur sebagai analgesik.
  • Sedangkan Chamomile Jerman sering digunakan untuk melawan peradangan, saluran kemih, dan peradangan pencernaan.
  • Keduanya juga memiliki sifat analgesik dan dapat membantu menghilangkan jerawat.
  • Sesuai bagi Anda yang sedang mengalami stres tingkat tinggi dan bad mood yang berkepanjangan. Kedua hal ini apabila dibiarkan dapat mempengaruhi kesehatan. Rehat, dan manjakan diri Anda dengan aroma menenangkan ini. 


4. Lavender
 
Nama Lavender berasal dari Lavera bahasa Latin, yang berarti untuk membersihkan, merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer di pasar karena memiliki banyak manfaat baik. Diekstrak dari bunga dan melalui proses uap suling, minyak ini menjadi favorit bahan utama pada sabun mandi.
 
Manfaat: 

  • Dapat digunakan dengan berbagai cara yang berbeda. Untuk minyak pijat atau tambahkan beberapa tetes ke diffuser, atau bahkan bantal Anda agar menikmati istirahat dan tidur yang pulas.
  • Baunya yang cukup kuat ternyata mampu menghilangkan stres, memyembuhkan flu, dan migrain.  
  • Lavender memiliki sifat terapeutik sebagai berikut : antiseptik, antidepresan, antiinflamasi, deodoran, diuretic, dan obat penenang.
  • Selain dapat menenangkan pikiran dan tubuh, Lavender dapat mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan hanya dengan mengoleskan pada bintik, luka, gatal, dan gigitan serangga untuk mempercepat penyembuhan.

5. Peppermint
Minyak Peppermint diekstrak sebelum herbal bunga dan kemudian melewati proses uap lalu suling. Aromanya memiliki cooling effectdan menyegarkan, oleh karenanya Peppermint juga menjadi campuran minuman favorit di kala cuaca panas.

Manfaat: 
Minyak Peppermint memiliki sejumlah sifat terapeutik, sebagai penenang sehingga dapat membuat suasana hati lebih ceria, mempertajam fokus, memerangi iritasi dan kemerahan, dan membantu pencernaan.

  • Aromanya sebagai mood booster, seperti mendapat energi ekstra saat menghirupnya, sehingga Anda dapat lebih waspada, teliti, dan fokus.
  • Selain sebagai aromaterapi, minyak Peppermint dapat digunakan sebagai minyak pijat, lotion, dan obat kumur.
  • Bagi Anda yang akan mengalami hari yang panjang, dengan rapat, presentasi, dan acara penting yang akan berlangsung, Peppermint akan menjadi teman yang baik. Serta penyelamat bagi Anda yang sering mengalami sembelit.


6. Sandalwood

Sandalwood mudah dikenali dengan aroma kayunya yang khas. Sebagai salah satu minyak yang mahal, mengingat panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk sebuah pohon untuk mencapai kematangan, di mana saat matang merupakan waktu terbaik untuk mengekstrak dan menyaring minyak esensial. Minyak ini memiliki banyak manfaat aromaterapi.
 
Manfaat: 

  • Membantu permasalahan dengan selaput lendir saluran kemih dan dinding dada, sehingga membantu untuk meringankan nyeri dada.
  • Aromanya yang eksotis ini membuat hati dan pikiran lebih relaks. Oleh karenanya, banyak praktisi yoga menggunakannya.
  • Membantu menjaga kulit tetap hidrasi, serta sebagai antiinflamasi.
  • Biasanya cocok untuk setiap jenis kulit, minim alergi. Jangan lupakan untuk memasang aromaterapi ini saat sedang bersama pasangan, karena benar-benar membuat relaks sehingga tidak ada energi negatif serta menjauhkan Anda dan pasangan dari perdebatan tidak penting saat keduanya sedang lelah.


7. Tea Tree

Jika Anda hanya ingin memiliki satu minyak aromaterapi saja, maka pilihlah Tea Tree. Merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer dan efektif digunakan sebagai aromaterapi. Memiliki benefit dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Banyak ditemukan dalam sampo, lotion, dan obat kumur karena sifat penyembuhan yang sangat kuat.
 
Manfaat:  

  • Manfaat Tea Tree sangat berlimpah dan daya penyembuhan yang cepat. Tidak hanya sebagai sistem kekebalan tubuh alami, tetapi juga dapat mengatasi tiga jenis infeksi yang berbeda secara sekaligus. Dapat menyembuhkan kondisi kulit yang terkena luka, dan juga bekerja sebagai insektisida. Selain itu, membantu untuk menenangkan dan mengobati luka dingin, kondisi pernafasan, nyeri otot, flu, bahkan ketombe.
  • Coba tambahkan beberapa tetes ke sampo Anda untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala.
  • Sering digunakan para atlet untuk menyembuhkan luka dan menguatkan kondisi fisik mereka. Cocok juga bagi Anda pecinta olahraga dan suka petualangan.(f)