Career
Aturan cermat KRS

7 Mar 2011

Di semester awal, Kartu Rencana Studi (KRS) memang masih disusun pihak sekretariat. Tapi selanjutnya, mayoritas kampus menyerahkan sepenuhnya ‘tampuk kekuasaan’ kepada kita.

Meski kelihatannya sepele, menyusun KRS nggak bisa dianggap remeh. Soalnya ‘nasib’ kita satu semester ke depan, kan, bergantung pada KRS. Atur dan pilih secara cermat biar lulus tepat waktu dengan hasil maksimal dan masih punya waktu buat gaul!

Curi start
Jumlah maksimal SKS yang bisa kita ambil biasanya berbanding lurus dengan IPK. Makin tinggi IPK kita, makin banyak pula SKS yang boleh diambil. Kalau sanggup, manfaatkan, dong, kesempatan ini. Dengan sering ‘nyolong start’, kita bisa lulus lebih cepat, tuh.
Kombinasikan antara mata kuliah yang banyak hitung-hitungan dengan yang hafalan. Bisa juga dengan memilih kombinasi mata kuliah yang kita anggap enteng dan perlu perhatian khusus—biar otak kita nggak overloaded karena kebanyakan menampung materi kuliah.

Pilih dan tukar
Setelah tahu mata kuliah apa aja yang mau diambil, langsung catat semua jadwal yang tersedia. Lalu, susun KRS sesuai keinginan maupun kebutuhan kita. Misalnya, nih, untuk menghindari jeda yang terlalu lama, susun KRS dengan jadwal yang saling berdekatan.
Kalau kelas yang kita inginkan sudah penuh, jangan malas mencari teman yang rela menukar kursinya. Tongkrongin aja sekretariat dari pagi sampai sore selama masa pengisian KRS.

Tanggal merah
Susun jadwal kuliah sedemikian rupa sehingga banyak ‘tanggal merah’ alias hari liburnya. Selain hemat tenaga, pastinya irit ongkos, dong, hehehe. tapi kalau menjalani beberapa mata kuliah sekaligus dalam sehari dirasa nggak terlalu berat, ya, nggak perlu ngotot juga.

Morning call
Jika rumah kita jauh dari kampus, nggak usah memaksakan diri mengambil mata kuliah yang berlangsung pagi hari. Nggak mau, kan, sering datang terlambat gara-gara terjebak macet?
Apalagi, sebagian dosen ada yang dengan tegas menganggap kita alpa bila telatnya lebih dari 30 menit. Ujung-ujungnya, kita malah dilarang ikut ujian karena kehadiran kita dianggap nggak memenuhi batas minimal. CC



 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.