Health & Diet
Vertigo Setelah Kecelakaan

11 Oct 2013


T. Setelah terjatuh dan terbentur saat mengalami kecelakaan motor beberapa minggu lalu, kepala saya sering kali terasa berputar disertai pusing hebat. Menurut diagnosis dokter, saya (28) mengalami vertigo. Bagaimana mengatasinya?

Karina - Denpasar

Menurut Dr. Kartono Mohamad, untuk memastikan apakah vertigo yang Anda alami disebabkan terbentur saat kecelakaan, sebaiknya lakukan dulu CT-scan. Dari hasil CT-scan tersebut, baru bisa terlihat ada atau tidaknya perdarahan baru akibat kecelakaan. Karena, bisa saja hal itu disebabkan karena sudah ada perdarahan di saraf otak Anda sebelumnya.

Jika memang ada luka baru, kemungkinan besar hal itulah yang menyebabkan terjadinya vertigo. Pasalnya, perdarahan kecil di antara selaput otak akan menyebabkan darah membeku. Akibatnya, terjadi tekanan pada otak yang memicu rasa pusing berputar (vertigo). Umumnya, vertigo tidak langsung muncul setelah terbentur, namun baru beberapa hari kemudian.

Karena sel saraf memerlukan proses lama untuk tumbuh kembali, maka butuh waktu lama pula untuk sembuh total. Karenanya, Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter ahli saraf untuk mengetahui langkah-langkah penanganan yang harus dilakukan selama proses penyembuhan.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?