Career
Tergiur Tiket Murah

11 Dec 2012

Saat ini banyak yang menawarkan bisnis jasa pencarian tiket murah. Benarkah, tiket yang mereka dapatkan lebih murah ketimbang jika kita mencarinya sendiri? Lalu, dari mana mereka mendapatkan keuntungan? 

Perlu diingat bahwa sebagian besar dari SMS yang menawarkan jasa pembelian tiket pesawat murah itu adalah penipuan. Biasanya, yang terjadi adalah mereka membantu booking tiket melalui telepon. Tapi, begitu kita sampai di check-in counter di bandara, ternyata nama kita tak ada dalam daftar penumpang. 

Lain halnya dengan usaha agen perjalanan yang resmi. Usaha ini bisa berjalan kalau Anda punya jejaring dan mau kerja keras untuk mendapatkan customer. Minat orang untuk terbang sekarang tinggi sekali, terutama dengan banyaknya low cost airlines. Tahun lalu saja, ada sekitar 55 juta orang yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Tapi, usaha agen perjalanan ini sekarang tidak begitu menguntungkan. Sebab, hampir semua tiket penerbangan, mahal ataupun murah, dapat mudah dibeli secara online. Dengan jasa perantara, tentunya harga tiket akan menjadi lebih mahal. Jadi, kebutuhan jasa travel agent sebagai perantara kini sudah sangat berkurang. Lagi pula, keuntungan yang didapat agen perjalanan dari penjualan tiket pesawat biasanya kecil, paling tinggi hanya 5%.

Sedikit berbeda jika Anda menjadi agen resmi dari sebuah maskapai penerbangan untuk daerah tertentu. Misalnya, Anda menjadi agen Susi Air di Gorontalo. Keuntungan Anda akan sedikit lebih besar karena semua orang akan membeli tiket pesawat kepada Anda. (f)

Konsultan: Rhenald Kasali 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?