Celebrity
Tempuh Jalan Panjang

14 Apr 2015

Anda mungkin akan kesulitan jika harus mengingat kembali, peran apa yang dimainkan oleh seorang Rosamund Pike dalam film James Bond. Gadis Bond yang mana dan era siapa?
Sosok dan akting wanita Inggris ini dirasa tak begitu menonjol. Tetapi, Anda bisa saja akan berkata lain begitu menyaksikan perannya sebagai Amy Dunne dalam film Gone Girl. Tatapan dingin dan  tiap gerakan tak terduganya sebagai sociopath akan terus menempel dan menghantui pikiran Anda!

Tempuh Jalan Panjang
    Tidak mengenyam pendidikan formal di bidang akting bukan berarti ia mengabaikan panggilan berkarier di dunia seni peran yang sudah ada sejak ia kecil. Terlahir dari pasangan penyanyi opera, Caroline Friend Pike dan Julian Pike, Rosamund kecil terbiasa mengikuti aktivitas orang tuanya, baik saat latihan maupun pentas. Besar di tengah-tengah pergaulan orang tua dengan sesama pekerja seni, ia melihat bagaimana akting menjadi hal yang sangat menyenangkan dan mengikat satu sama lain. 

    “Lahir dari orang tua yang tahu bagaimana berakting dan menghidupkan imajinasi, rasanya mudah sekali untuk memahami apa yang mereka lakukan. Kelihatannya seperti bermain, padahal mereka sedang bekerja. Lagi pula, tidak semua anak bisa menyaksikan orang tua mereka bertingkah konyol dan kekanak-kanakan, dan itu sah-sah saja, bukan?” jelas Rosamund, sambil tertawa. 

    Wanita yang menghabiskan pendidikan dasar dan menengah di sekolah berasrama di Bristol ini pun menjelaskan, energi yang dihasilkan di area belakang layar dan di atas panggung sebagai sesuatu yang magis dan luar biasa. Energi menggebu-gebu yang sama  juga ia rasakan saat tak lagi berada di lingkungan teater. “Usai pentas, Ibu menjemput saya pulang sekolah. Anehnya, saya bisa merasakan hawa teater saat berada di mobil. Seksi sekaligus powerful! Beda sekali suasananya dibandingkan dengan di sekolah,” ujarnya, sambil mengingat-ingat masa lalunya.

    Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan menguji kemampuannya di bidang akting, wanita kelahiran London, 27 Januari 1979, ini mulai bermain dalam pentas-pentas kampus semasa kuliah sastra Inggris di Universitas Oxford dan tampil di serial televisi produksi BBC.  Namun,   kariernya berjalan lambat. Dia tidak mendapat cukup peran bagus yang membuat banyak orang menoleh kepadanya. Publik pun tampaknya tak menyadari kehadirannya ketika ia mendapat peran sebagai Miranda Frost, mendampingi sang James Bond, Pierce Brosnan, dalam film Die Another Day, dan beradu akting dengan Halle Berry.

    Namun, toh, kesabarannya dalam meniti karier akhirnya mendapat pengakuan juga. Ia meraih penghargaan Pemeran Pembantu Terbaik di ajang British Independent Film Award 2004, dalam film The Libertine, arahan Laurence Dunmore. Satu per satu pintu pun mulai terbuka baginya.

Tahun berikutnya, ia mendapat nominasi sebagai Pemeran Pembantu Terbaik di  ajang London Film Critics Award atas perannya sebagai Jane Bennet di film Pride and Prejudice. Namun, publik baru benar-benar mengakui eksistensi dirinya saat tampil meyakinkan sebagai istri Ben Affleck dalam film Gone Girl, yang merupakan adaptasi novel thriller karya Gillian Flynn dengan judul yang sama. Berkat aktingnya yang memukau, ia pun bisa disejajarkan dengan Julianne Moore, Marion Cotillard, Felicity Jones, dan Reese Witherspoon, nominator Pemeran Utama Wanita Terbaik Oscar 2015.(RL) 


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?