Home Interior
Tempat Sembunyi

20 Jun 2012


Anda punya hobi yang spesifik? Melukis, membuat kerajinan tangan, bikin aksesori, berkebun, mendesain baju, nonton film, membaca buku? Di kehidupan sibuk seperti saat ini, melakukan aktivitas hobi di rumah adalah relaksasi yang murah dan sangat dianjurkan. Yang mahal adalah mencari waktunya. Tapi, justru di situ letak tantangannya.

Hobi menjadi katarsis, mengalihkan kepenatan oikiran kegiatan rutin sehari-hari . Anda seperti memasuki ‘dunia lain’ yang menyenangkan dan menenangkan hati.

Kamar tidur tamu atau ruang tambahan yang hanya dipakai sesekali, bisa difungsikan untuk menciptakan kamar hobi Anda. Tempat ‘sembunyi’, berkerasi, dan berimajinasi.

Untuk hobi craft atau menjahit, Anda perlu meja yang cukup luas untuk melakukan beberapa pekerjaan. Tapi, untuk ruang lukis investasi Anda justru pada dudukan untuk menyandarkan kanvas dan laci bersekat untuk menyimpan cat minyak dan peralatan lukis.

Yang hobi masak, pikirkan untuk melihat efisiensi lemari dapur Anda. Bisa dipastikan Anda perlu lemari dapur yang lebih luas untuk menyimpan peralatan masak dan peranti makan yang banyak.

Anda penggila buku, sudah pasti perlu berinvestasi lemari atau rak buku yang bagus. Letakkan kursi yang  nyaman di dekatnya. Pastikan pencahayaan di ruang atau sudut ini baik. Miliki juga lampu baca yang memadai.

Anda yang hobi berkebun. Buatlah lemari dengan banyak sekat di garasi atau di dekat kebun belakang untuk menyimpan semua peralatan.  Berkebun sedang popular saat ini, Anda akan tergiur mengoleksi sekop, gunting tanaman, pot, sarung tangan, dan celemek warna-warni yang lucu di toko peralatan rumah.

Jika saat ini Anda sedang membangun rumah, masukkan ke dalam agenda desain untuk mempertimbangkan memiliki sudut atau ruang hobi. Anda bisa berbagi dengan anggota keluarga lain dalam penggunaanya. Kelihatannya sepele, tapi Anda akan memperoleh manfaat besar dari ruang ‘sembunyi’ ini. (f)

Petty S. Fatimah



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?