Money
Syariah Untuk Non-Muslim

27 Jan 2014


KPR Syariah adalah salah satu produk yang sangat membantu dalam perencanaan keuangan. Akad yang digunakan biasanya adalah: murabahah. Dalam hal ini, bank yang membeli rumah, lalu bank menentukan besarnya margin untuk menjadi harga jual kepada kita sebagai pembeli rumah berikutnya. Semakin lama periode KPR Syariah, margin ini bisa semakin besar. Jadi cicilan kita pun bisa dibuat tetap dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga ini membawa stabilitas arus kas untuk rumah tangga.

Yang perlu Lorraine lakukan sekarang adalah membuat perbandingan antara margin dalam KPR Syariah dengan bunga yang kita bayarkan pada KPR Konvensional. Pada saat bunga cenderung turun, KPR Syariah akan terkesan lebih ‘mahal’. Tetapi saat bunga cenderung naik, kita tidak perlu kuatir bunga yang tiba-tiba menjadi tinggi jika menggunakan KPR Syariah.

Tentu saja KPR Syariah – seperti juga produk-produk syariah lainnya boleh digunakan siapa saja, tidak selalu harus beragama Islam. Prinsip Syariah sebetulnya sederhana, harus jelas, tercatat dan transparan. Sehingga semua orang bisa menikmati manfaat ‘keadilan’ yang terkandung di dalamnya. Selain tentu saja tidak boleh melanggar ketentuan syariah seperti tidak boleh mengandung riba, gharar, masyir, haram dan sebagainya. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?