Food Trend
Sun Dried Tomato

4 Jul 2012

Agak sulit menemukan sun dried tomato untuk membuat sajian Italia favorit. Tak perlu pusing, ternyata Anda bisa membuatnya sendiri, kok, dan tidaklah sulit.  Namun, dibutuhkan kesabaran karena proses pengeringannya memakan waktu yang tidak singkat.

Menurut Dr. Ir. Nuri Andarwulan, M.Si., untuk membuat sun dried tomato, pilih tomat merah matang, lalu iris tipis (± ½ cm) dan jaga agar sari buahnya tidak hilang. Susun di atas loyang datar beralas plastik dan tutup dengan kain tipis untuk menghindari kontaminasi. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari selama 3-12 hari.

Proses pengeringan tak bisa diganti dengan menggunakan oven karena akan membuat tomat terlalu kering dan menghitam. Setelah kering, simpan dalam wadah kedap udara. Bisa bertahan hingga 1-2 bulan (suhu ruang) dan 3-6 bulan (di lemari es). (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?