Health & Diet
Sulit Tidur Setelah Kecelakaan

27 Jan 2012

Tanya:
Awal tahun lalu saya mengalami kecelakaan mobil. Meski tidak mengalami luka fisik serius, sejak itu saya tidak bisa tidur. Saya sudah mencoba segala pengobatan alternatif, tapi kenapa yang mempan hanya obat tidur?

Jawab:
Semua obat punya risiko efek samping, apalagi obat tidur yang jelas bekerja di otak. Manfaat obat harus lebih besar daripada risikonya, apalagi obat tidur, yang tidak boleh dipakai dalam jangka lama oleh orang sehat. Menurut saya, Anda tidak perlu obat tidur karena Anda sudah tahu penyebabnya, yaitu kecelakaan yang Anda alami.

Jadi, perlu dianalisis dahulu mengapa setelah kecelakaan, Anda jadi sulit tidur. Kalau memang tidak ada masalah fisik, maka cari kemungkinan psikis. Apakah ada hal terkait kecelakaan yang mengganggu pikiran? Bila Anda tidak bisa menemukan masalah yang ada, atau tidak bisa menguraikannya, atau butuh teman diskusi, carilah seorang psikolog untuk membantu Anda. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?