Sex & Relationship
Sudah Dewasa Masih Backstreet?

26 Sep 2011

‘Menyembunyikan’ pasangan dari keluarga atau yang biasa disebut backstreet sangat sering kita dengar dari mulut ABG. Alasan mereka backstreet biasanya karena takut dianggap belum cukup umur oleh orang tua. Tapi, kalau hal ini terjadi di usia dewasa, kenapa ya?

Menurut Ajeng Raviando, psikolog dari Teman Hati Konseling, jika backstreet masih dilakukan di usia dewasa, artinya hubungan percintaan itu menimbulkan tanda tanya besar. “Gaya pacaran seperti ini identik dengan bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak,” tuturnya.

Saat backstreet, kita biasanya terus-menerus bersembunyi dan berbohong dari orang-orang terdekat yang mengakibatkan hubungan mudah mencapai titik jenuh. Kebohongan demi kebohongan terus diungkapkan untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Philip Lee Williams, penulis asal Amerika Serikat mengungkapkan bahwa hubungan romantis yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi mengindikasikan hubungan itu berkualitas rendah.

“Bukannya memberikan rasa senang, hubungan rahasia justru lebih banyak memberikan efek frustrasi. Ini tentu saja bertolak belakang dengan keyakinan banyak orang yang menganggap hubungan semacam ini memberikan sensasi adrenalin,” ungkap Philip, seperti yang ditulisnya dalam artikel berjudul Juliet? Can we talk? Forget Romeo (Secret relationships go sour quickly, according to new study by psychologists).

Menurut Ajeng, pacaran backstreet lebih banyak dampak negatif dibandingkan dampak positifnya. “Salah satunya karena hubungan backstreet rentan terhadap konflik, baik dengan diri sendiri, dengan pasangan, juga dengan orang tua,” kata Ajeng.

“Secara psikologis, pada usia dewasa kita dituntut memiliki suatu hubungan yang lebih bertanggung jawab dibandingkan ketika masih remaja,” tutur Ajeng. Ketika Anda telah beranjak dewasa, cinta bukan lagi menjadi satu-satunya prioritas di dalam hubung¬an. Faktor kepastian arah hubungan dan pengakuan menjadi kebutuhan kedua pihak. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?