Career
Siap Untuk Pekerjaan Ganda?

16 Jun 2011

Sebagian orang mungkin kesulitan mencari pekerjaan. Sebaliknya, ada orang yang memiliki pekerjaan ganda. Hal itu bisa dilakukan karena orang itu mempunyai beberapa keahlian. Menurut Sylvina Savitri, konsultan karier dari Experd, Anda bisa memiliki peluang ganda di bidang yang sama. Namun, Anda mungkin saja memiliki peluang ganda di dua bidang yang sama sekali berbeda.
 
Memiliki banyak keahlian yang bisa dimanfaatkan sebagai pekerjaan, memberikan banyak keuntungan. Keuntungan pertama adalah membuka peluang mendapatkan sumber pendapatan baru. Namun, menempelkan harga pada kemampuan diri sendiri itu susah-susah gampang.

Ada 3 hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan harga skill Anda, yaitu:

1. Tingkat kesulitan pekerjaan.
2. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.
3. Skala perusahaan yang akan memakai jasa Anda.

Kelebihan materi yang Anda terima, juga akan memberikan pengaruh positif lain, berupa rasa secure. Jika terpaksa keluar dari pekerjaan yang utama, Anda masih punya pendapatan lain. Selain itu, bargaining position Anda juga akan meningkat. Kemampuan untuk memanfaatkan keahlian di dua tem¬pat berbeda, akan membuat Anda diberi harga lebih tinggi. Karena, pengalaman Anda lebih banyak dibanding staf lain. Bonus lain, An¬da makin percaya diri karena punya keahlian yang dibutuhkan orang.
 
Untuk menjalani dua pekerjaan berbeda, Anda perlu memahami bahwa pekerjaan kedua, ketiga, dan seterusnya, seharusnya tak bertentangan dengan prinsip perusahaan pertama. Sylvina memberi contoh dari peristiwa Perdana Menteri Thailand, Somchai Wongsawat, yang diberhentikan dari jabatannya, karena menjadi juru masak di dua stasiun televisi. Somchai dianggap melanggar peraturan, karena menerima uang dari aktivitas tersebut. Padahal, uang itu diberikan hanya untuk mengganti uang membeli bahan masakan.

Meski menyenangkan, bekerja dobel juga ada risikonya. Misalnya, Anda mungkin mengalami kelelahan dan rentan terhadap stres, karena dua tanggung jawab yang dipegang bersamaan. Risiko lain adalah sikap kurang menyenangkan dan komentar yang diterima dari staf lain, serta atasan yang tidak bersifat suportif di tempat bekerja (mungkin saja di perusahaan pertama maupun kedua). Maka, jika ingin memanfaatkan keahlian Anda, pastikan pilihan Anda disetujui oleh kedua perusahaan tempat Anda bekerja.

Sebaliknya, ada pula perusahaan yang melihat hal itu sebagai suatu keuntungan. Misalnya, seorang senior fashion editor di perusahaan itu menjadi pembicara di berbagai acara. Nama perusahaan tempat dia bekerja biasanya akan disebutkan, sebelum ia membawakan materi. Hal ini membuat perusahaan itu dikenal lebih luas. (f)
 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?