Food Review
Sengatan Merica Szechuan

14 Feb 2012

Pedas menggigit jadi ciri hidangan Szechuan (baca: sichuan). ‘Tanggung jawab’ cita rasa ini ada pada merica Szechuan, yang memiliki efek baal di lidah, dan konspirasinya dengan cabai kering dan bawang putih, sehingga menghasilkan efek pedas yang dahsyat!

Resto Hong Lung menyapa penggemarnya dengan rasa pedas yang begitu dibanggakan provinsi di barat daya Cina tersebut. Karakter kuliner provinsi ini memang kuat, sampai-sampai Chengdu, salah satu kota yang terkenal dengan gaya masak Szechuan-nya,  dinobatkan UNESCO sebagai kota gastronomi di 2011.

“No Pork, No Lard tertera di dinding resto. Mungkin sedikit melunturkan orisinalitasnya, namun pakem ini tentu sangat dipahami oleh sebuah resto Cina yang beroperasi di Indonesia. Meski begitu,  sang koki tetap sukses meracik kekayaan kuliner Szechuan dengan cita rasa yang mantap.

Cicipilah Tahu Kipas Goreng, Ayam Masak Cabai Kering, atau Mie Wanton Kuah Pedas. Rasanya mengingatkan femina akan filosofi masakan mereka yang terkomposisi dari 7 rasa dasar: asam, tajam (pungent), pedas, manis, getir (bitter), aromatik, dan gurih.

Tahu Kipas Goreng berisi dengan campuran daging sapi dan jamur merang dengan bumbu bawang putih yang  melimpah. juga sensasi lidah ‘digigit’ sengatan kuah merah merona kaya chili oil yang memandikan mie Hong Kong dan 2 buah wanton  isi daging cincang. Ayam Masak Cabai Kering bermandikan saus kungpao yang merupakan saus pedas kaya cabai kering, merica, dan tektur renyah kacang mete. Nikmati

Jadi, penyuka rasa seru, silakan mampir. Jangan lupa, bahwa makanan Cina berkonsep santapan besar untuk bersama, lebih seru membagi ‘sengatannya’ bersama teman! (VL)

Lokasi: Epicentrum Walk, Kompleks Rasuna Said, Jakarta. Telp: (021) 29941118.
Jam buka
: 09.00 - 22.00 WIB. Harga: Rp 5.000 – Rp 245.000. Suasana: Serba merah, bernuansa negeri Tirai Bambu.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?