Tips
Selamat Tinggal Mata Panda!

8 Nov 2011

Menghilangkan si mata panda tak sulit, kok. Lakukan 5 langkah mudah ini!

1.    Bukan stop merokok saja, tapi hindari juga asapnya!
Racun pada rokok memicu meningkatnya enzim matrix metaloproteinase yang menyebabkan kulit menipis dan kehilangan elastisitasnya, yang menyebabkan kulit jadi berkerut. Merokok juga menyebabkan berkurangnya aliran darah atau iskemia, mengakibatkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi, sehingga kantong mata akan menggelap dan kulit pun kusam. Asap rokok juga meninggalkan timbunan zat-zat beracun pada lapisan kulit. Bila hal ini berlangsung lama, kulit akan terlihat berwarna keabu-abuan dan selalu terasa kering.

2.    Kurangi minuman beralkohol
Minuman beralkohol tinggi adalah musuh bebuyutan bagi organ tubuh Anda. Konsumsi yang berlebihan dan rutin menyebabkan retensi cairan pada ginjal dan liver, yang akibatnya menyebabkan pelebaran dan pembesaran pembuluh darah. Bila ini terjadi, tidak hanya organ tubuh yang rusak, tapi kantong mata juga akan muncul. Dalam kasus ini, lingkaran hitam yang terjadi merupakan indikasi bahwa kinerja organ tubuh sedang ‘terganggu’. Itulah sebabnya para pecandu alkohol sering kali mengeluhkan munculnya  lingkaran hitam pada mata.

3.    Kenali alergi sejak dini
Bila memiliki alergi bawaan sejak lahir (allergic shinner) biasanya ditandai dengan kantong mata yang menggelap saat alergi sedang bereaksi. Hal ini ditimbulkan oleh aliran pembuluh limfe yang bekerja kurang baik, sehubungan dengan sistem imunitas yang tidak maksimal terhadap suatu hal yang menjadi penyebab alergi. Penyebabnya antara lain adalah debu, perubahan cuaca yang ekstrem, bahan kimia tertentu, dan makanan tertentu. Lakukan tes alergi, dan hindari faktor-faktor yang memancing timbulnya alergi. Konsultasikan dengan dokter mengenai multivitamin dan suplemen yang tepat untuk meningkatkan stamina tubuh.

4.    Tabir surya wajib digunakan!
Hindari sinar matahari pada pukul 11.00 -14.00, karena radiasinya dapat merusak lapisan kolagen dan fungsi elastisitas pada kulit mata yang tipis. Gunakan tabir surya dengan minimum SPF 30 pada seluruh wajah  hingga area bawah mata setiap pagi sebelum beraktivitas agar kulit terlindungi. Sebaiknya gunakan tabir surya yang diformulasi secara khusus dan memang aman untuk kult seputar mata yang cenderung lebih sensitif.

5.    Bersahabat dengan kacamata hitam  
Saat  Anda harus berkegiatan di bawah sinar matahari, mata akan terpaksa bertatapan langsung dengan sinar matahari yang memiliki risiko radiasi sinar ultraviolet A dan B. Oleh karena itu, agar lapisan melanin pada kulit mata terlindungi, kenakan kacamata hitam atau warna gelap, agar mata terlindung  dari efek sinar matahari. Biar penampilan makin gaya, pilih kacamata sesuai dengan bentuk wajah.

Adinda Tri W.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?