Food Review
Sedapnya Kuah Tonkotsu

13 Dec 2012


Penggemar ramen yang kian bertambah di ibu kota, berimbas pada suburnya pemunculan pebisnis kedai ramen. Dari kedai yang sekadar menawarkan level rasa pedas hingga kedai yang menekankan pada koleksi ramen klasiknya. Hokkaido Ramen Santaoka adalah franchise dari  Jepang asli wilayah Asahikawa, Hokkaido.

Restoran dengan 47 outlet di dunia ini memunculkan gaya kuah ramen asli Jepang, yang memang kebanyakan diracik dari bahan daging dan tulang babi. “Tonkotsu (kaldu daging babi) khas dengan tampilan kental dan creamy,"urai Albert Wijaya, sang pemilik. Terlihat kaldu oily dan pekat yang direbus 16 jam tersebut.

Tonkotsu hadir dalam beberapa versi, misalnya tonkotsu-shoyu (kecap asin), tonkotsu-miso (fermentasi kedelai), atau tonkotsu-shio (asin garam).

Walau kara-miso ramen sangat membangkitkan selera, yang paling banyak dicari adalah shio ramen. Topping-nya dari acar plum merah, rebung, dan jamur kuping. Tak ketinggalan, potongan daging babi yang tebal. Ramen tersedia dalam 3 porsi. Anda bisa memesan air putih secara free flow.

Selain ramen, jangan lewatkan Aburi Tokusen Toroniku, yaitu potongan daging babi bagian pipi (pork cheek) yang dipanggang dan disajikan di atas tungku mini. Aroma asapnya tercium hingga ke bagian dalam daging. Itadakimasu*! (VL)

*) Selamat makan dalam bahasa Jepang.

Alamat: Plaza Indonesia Lt.5, Jl MH Thamrin Kav. 28-30. Telp: (021) 29923832. Jam buka: 10.00–22.00 WIB. Harga: Rp63.000-Rp128.000 (belum termasuk pajak .....%). Suasana: Desain Jepang klasik.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?