Food Review
Sedapnya BBQ ala Korea

21 Feb 2013



Fenomena K-pop membuat mata dunia tertuju pada Korea, tak terkecuali pada kelezatan kulinernya. Sudah sekitar sepuluh tahun kuliner Negeri Ginseng ini memiliki tempat di hati masyarakat urban Jakarta. Pangsa Gejolak ini membuat Bornga, jaringan resto Korea milik koki selebriti Jong Won Paik, menancapkan bisnisnya di Jakarta setelah sebelumnya berkibar di Amerika Serikat, Cina, dan Singapura.

Woo Sam Gyup sebagai jawara di atas meja BBQ adalah daging sapi wagyu premium yang diiris tipis dan direndam dalam saus spesial. Jong Won telah mematenkannya sebagai trademark Bornga. Rasanya yang super gurih menjadi sempurna saat dibungkus daun selada dan daun ginseng segar. Gulungan daging iga yang dimarinasi, Yangnyum Galbi dan Ggot Sal (prime cut beef dengan marble (jaringan lemak baik) merata, juga tak kalah lezat.

Idealisme dalam menyajikan cita rasa rumahan membuat Bornga menjadi destinasi kuliner kebanyakan warga Korea yang tinggal di daerah sekitarnya.  Dolsot Bibimbap, nasi dan sayuran dalam batu panas tak luput dalam menu. Begitupun  Jap Chae,  bihun goreng Korea yang sudah familiar di lidah orang Indonesia ini sengaja dimasak tak semanis seperti resto lain menyajikannya. Membuat cita rasanya sedikit berbeda.

Chadol Duenjang Jigae, rebusan daging sapi dan sayuran yang dimasak bersama taoco korea ini jarang ditemukan di resto Korea lain. Cara makannya pun unik, tuang dan aduk saja ke dalam nasi dan sayuran penyerta.

Manager resto, Park Joo Sung menyarankan teh omija sebagai penetralisir rasa di sela acara bersantap. Minuman khas Korea yang terbuat dari sejenis buah berry ini menghasilkan harmoni lima rasa, manis, asam, asin, pahit, dan pedas. (IA)

Lokasi: Jl. Raya Boulevard Barat Raya, Blok Lc 6 No.56-67, Kelapa Gading, Jak-Ut. Telp: (021) 4528933. Jam buka: 11.30-22.00 WIB. Harga*: Rp50.000–Rp240.000 (belum termasuk pajak 15%). Suasana: Resto korea keluarga dengan desain modern bernuansa hitam.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?