Food Review
Seafood Negeri Gajah Putih

31 Oct 2012

Sebagai daerah yang dekat dengan laut, Thailand Tengah dan Thailand Selatan begitu hits dengan olahan seafood. Inilah yang ingin diperkenalkan oleh Jittlada --jaringan resto Thailand ternama di Jakarta-- lewat resto terbarunya, Somboon-Thai Seafood.

Berbekal bumbu dan rempah aromatik ala Thailand, seperti daun ketumbar, asam Thailand (ma kaam), jahe, serai, bawang putih, hingga jeruk purut (bai makrut), tempat ini lekas menggaet pencinta hidangan laut.

Walau tentunya ada Tom Yam Goong, Anda harus mencoba kepiting goreng saus kari. Seua nama makanan memang tertulis dalam bahasa Indonesia, namun jika Anda mencarinya di Thailand, mereka biasa menyebut Boo Paht Pong Karee.

Keunikan hidangan ini terletak pada kepiting rebus yang lantas dipecahkan hingga cangkangnya remuk, dan lalu digoreng agar dagingnya sedikit kering. Siraman kuah kari pada kepiting begitu 'ringan' dan segar, beda dengan kari India. Lauk ini boleh dituang ke atas nasi, mnjadi sajian bernama Khao Rad Gang.

Mencari yang lebih ringan? Ada Tai Plaa (salad perut ikan). Potongan perut ikan (hipio) ini digoreng hingga kriuk, lalu dicampur cumi, bawang bombay, dan daun ketumbar. Ada bumbu air asam Thailand yang membuat rasanya kecut-segar. “Walau bernama salad,  Anda boleh menyantapnya bersama nasi,” saran Elizabeth, Marketing Communication Somboon.

Nikmati Udang Panggang dan Bihun (Goong Ob Woonser). Bihun dan udang bumbu kecap ikan ini dipanggang dalam mangkuk stainless steel hingga bumbunya meresap (mirip cara kerja claypot). Tambahkan nam parik (kondimen cabai rawit, bawang putih, daun ketumbar)!

Ingin ditantang pedas? icip seafood bumbu cabai, yakni kerang hajau, cumi, udang, dan daun kemangi yang ditumis dalam bumbu cabai melimpah!

Lokasi: PX Pavilion, lt. Dasar/Unit 6D, Jl. Puri Indah Boulevard B1 U1, Jakarta Barat. Telp: (021) 58300539. Harga: Rp20.000–Rp200.000* (belum termasuk pajak dan pelayanan 15,5%). Jam buka: Lunch 11.0 –14.30 WIB, dinner: 17.30–22.00 WIB. Suasana: Hangat dengan sentuhan interior khas Thailand.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?