Health & Diet
Sayangi Gigi Anda!

24 Jun 2014

Ingin terlihat cantik memesona? Wear your smile! Tapi, apa jadinya jika senyum Anda jadi suram oleh warna gigi yang menguning, atau bahkan berkarang. Duh, jangan sampai! Cegah gangguan gigi sebelum terlambat! Dokter gigi Sandra Olivia Kuswandani, MARS, Sp.Perio, dari RSIA Evasari Jakarta, menjelaskan caranya.

Menjaga kebersihan gigi dengan menggosoknya minimal dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur sudah jadi kewajiban. Perhatikan juga sikat gigi yang Anda gunakan. Pilih yang ujungnya lembut dan jangan menggosok terlalu kuat karena berisiko melukai gusi.

Pegang sikat dengan sudut 45 derajat dari garis gusi. Tak hanya gigi, bersihkan juga langit-langit mulut dan lidah. Saat menyikat gigi, perhatikan adakah  darah yang keluar. Jika ada, berarti terjadi peradangan dan perlu diperiksa ke dokter gigi.

Melakukan pemeriksaan, termasuk pembersihan karang gigi, paling tidak 6 bulan sekali ke dokter gigi. Ada daerah-daerah dalam mulut yang memang tidak bisa dijangkau hanya dengan menggosok gigi. Ke dokter gigi bukan hanya membersihkan gigi, namun bisa juga aktif bertanya kepada dokter untuk mengecek kerusakan gusi dan tulang penyangga.

Dokter gigi, khususnya periodontist, memiliki alat bernama periodental prob yang dapat mengukur sehat atau tidaknya gusi. Kalau ada jarak antara gusi dan gigi 0-2 mm, berarti masih normal. Jika jarak antara 2-4 mm, ada kerusakan yang perlu perawatan kuretase, Jika lebih dari 5 mm, mungkin Anda perlu perawatan khusus.

Makanan yang masuk ke mulut Anda juga ikut menentukan kesehatan gigi! Mengonsumsi makanan kaya vitamin D dan menghindari makanan tajam yang dapat mengoyak gusi.  


Daria Rani Gumulya


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?