Food Trend
Saatnya Bedah Dapur

10 Dec 2013


SPATULA


Tak boleh absen saat mengaduk adonan kue. Dari tiga  jenis spatula, cukup miliki yang berbahan silikon karena lebih lentur dan tahan panas. Pilih pula yang permukaannya pipih dan ukurannya besar. Fungsinya:
  1. Pas digunakan untuk mengaduk adonan kental dan cair.
  2. Teknik aduk lipat pada pembuatan spoonge cake lebih maksimal, karena permukaannya pipih sehingga adonan tidak kempes karena over mixing.  
  3. Adonan yang tersisa di tepi bagian dalam mangkuk mudah dibersihkan  karena alat ini juga berfungsi sebagai scraper.
  4. Memudahkan saat mengeruk adonan dalam jumlah banyak.
  5. Memudahkan melepaskan kue kering dan spoonge cake dari loyang.

SUTIL/SODET

Untuk keperluan sehari-hari, pilih yang berbahan plastik karena bukan pengantar panas yang baik dan tidak mudah merusak alat masak. Pilih pula yang berbadan pipih, lebar, cekung, serta berlubang.

  1. Memudahkan saat membalik crepes, pancake, atau omelet.
  2. Ideal untuk membalik atau mengangkat saat menggoreng ikan, sehingga meminimalkan kerusakan kulit ikan.
  3. Membantu meniriskan minyak pada gorengan.
  4. Mengaduk sayuran atau lauk berkuah.

WOK

Walau sudah ada wajan datar, tetap saja aktivitas menumis dan menggoreng hanya bisa dilakukan dengan wok alias wajan cekung. Pilih yang berdiameter 30 cm dan berbahan aluminium berlapis stainless steel agar usia pemakaiannya lebih panjang karena terhindar dari karat.
  1. Bentuknya yang cekung memungkinkan tumisan lebih rata saat diaduk bersama bumbu.
  2. Ideal untuk menggoreng teknik deep frying agar bahan terendam sempurna dalam minyak banyak.
  3. Bisa untuk memasak makanan berkuah.
  4. Bila punya kukusan bongkar pasang, bisa juga digunakan untuk mengukus.
  5. Cocok juga untuk merebus.

PARUTAN

Meski semua jenis parutan berfungsi sama, yaitu menghancurkan,   beda jenis akan beda pula hasilnya. Sebetulnya Anda hanya membutuhkan 4 model parutan berikut:

1. Mandolin grater
Bermata pisau memanjang sehingga hasil potongannya tipis dan lebar. Gunakan untuk  mengiris tipis kentang atau singkong untuk keripik. Dapat pula digunakan untuk mengiris cokelat dan hard cheese.
2. Julienne grater
Bermata pisau bulat, rata-rata berdiameter ± ½ cm. Menghasilkan potongan kecil memanjang. Cocok untuk sayuran, seperti wortel, kentang, atau mentimun.
3. Cheese grater
Seperti julienne grater, namun mata pisaunya lebih halus sehingga hasil potongannya memanjang, tipis, dan kecil (tidak lebar). Gunakan untuk memarut keju atau kulit jeruk lemon.
4. Nutmeg grater
Mata pisaunya sangat kecil dan rapat. Cocok digunakan untuk memarut pala karena hasil parutannya akan sangat halus bahkan nyaris seperti bubuk. Bisa juga untuk memarut jahe karena serabutnya akan terkumpul di permukaan sehingga memudahkan saat akan digunakan.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?