Food Review
Rendezvous

3 Oct 2012

Tanyakan kepada orang tua Anda, seberapa elitenya Menteng Bioscoop, yang kini bersalin menjadi Hotel Formule 1. Tanyakan juga, apakah ibu Anda pernah membeli baju di Butik MicMac? Apakah minyak rambut ayah Anda dibeli di toko kosmetik Pusaka? Ketiganya merupakan destinasi paling hit di era ‘70-an

Namun, menyusul dibukanya bioskop lain di area Menteng, pemilik toko Pusaka, Lukman Effendi dan istri, Lilyana, merasakan kehadiran pengunjung yang makin menurun dari waktu ke waktu. Mereka lalu mengubah toko menjadi restoran Chinese food rumahan bernama Rendezvous  (di dekat ini, berdiri pula restoran Tree Tops yang juga happening kala itu).

Memasang pelang ‘Bakmi Goreng’, ‘Nasi Goreng’ pun dilakoni Lilyana. “Supaya orang mau dateng,” katanya. Ia mengkliping resep-resep femina, untuk membunuh waktu. Sampai akhir tahun ‘80-an, ia menahan diri untuk tak memasang penyejuk ruangan. Khawatir orang minder, mengira bakmi yang dijualnya mahal. Dibangunnya Lapangan Persija Vios Veld (kini Taman Menteng) membawa berkah bagi Rendezvous. Rendezvous  pun ramai pengunjung.

Siomay-nya yang sangat enak masih dipasok oleh kerabat sejak tahun 1978. Tommy Soeharto dan Mbak Tutut mengikuti langkah ayah mereka, senantiasa memesan siomay ini melalui asisten rumah tangga. BJ Habibie termasuk yang  juga  kepincut pada siomay berbumbu kacang medok ini.

Saking ramainya, malam Minggu adalah malam stres Lilyana. Anak-anak muda Menteng membawa miras untuk dicampur CocaCola atau bir. Mereka nongkrong sampai ketiduran. Tak jarang arloji hingga giwang imitasi ditinggalkan untuk ‘membayar’ minuman.

Tahun 1985, Rendezvous  pindah ke pojokan Jalan Johar, dekat jembatan Gondangdia. Membawa serta menu laris, seperti es shanghai, lomie, serta para awak dapur yang saking lamanya bekerja, lantas saling berjodoh.

Pasangan tua Lilyana dan Lukman kini masih berada di balik kasir, tersenyum, bahkan untuk tamu lama yang datang dan tertawa malu karena kebiasaan ngutang lewat arloji murahan.

Alamat: Jl. Johar No.2B-C (021-3905973)
Jam buka: 10.30-22.30 WIB



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?