Tips
Rahasia Riasan Sempurna

7 Jul 2014

Meski memiliki sederet produk kecantikan berbagai warna di dalam beauty case, ternyata tak semua wanita memahami cara penggunaan yang tepat. Salah-salah, produk kecantikan yang dimiliki malah membuat wajah terlihat lelah dan tak menarik. Hindari beberapa kesalahan saat ber-make up berikut ini agar tidak menjadi bumerang di kemudian hari.

Lupa menggunakan pelembap

Fungsi pelembap ibarat magnet yang dapat mengunci tata rias wajah. Untuk itu, gunakan serum, pelembap, dan tabir surya sebelum mengaplikasikan tata rias wajah. Jika perlu, pemilik wajah cenderung berminyak dapat menggunakan make up primer yang membantu membuat kulit wajah tampak tak berminyak secara lebih lama.

Tip:

1. “Untuk mempermudah mengaplikasikan riasan mata, setelah mengaplikasikan pelembap, saya sengaja langsung mengaplikasikan eye shadow tanpa memulaskan bedak pada kelopak mata,” ujar Pat McGrath, make up artist ternama yang sering merias model Dolce & Gabbana, Prada, Miu Miu, hingga Comme des Garcons.
2. Pemilik kulit kering, pilih pelembap bertekstur creamy yang umumnya terdapat pada produk dengan kemasan jar. Pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap berbahan dasar air yang umumnya terdapat dalam produk berbentuk losion.

Tidak mengganti warna foundation

Anda masih saja menggunakan bedak dasar dengan tingkat warna yang sama seperti 3 tahun lalu? Coba perhatikan lebih saksama saat bercermin.  “Anda perlu menyesuaikan kembali warna dan tekstur foundation  tiap 2 tahun sekali,” ujar Ryan Ogilvymake up artist profesional.

Tip:


1. Pastikan Anda memilih warna foundation yang benar. Caranya, oleskan  3  produk foundation dengan warna berbeda di area rahang. Pilih warna foundation yang benar-benar sama dengan warna kulit Anda. Jika perlu, pergilah ke luar ruangan untuk memastikan warna foundation yang Anda gunakan tidak seperti topeng, namun serupa dengan warna kulit Anda.
2. Beli foundation pada siang hari. Gunakan atasan warna putih untuk memberi ‘cahaya’ di area wajah Anda.

Terlalu tebal
Kesalahan umum yang dilakukan wanita adalah melapisi wajah dengan concealer atau foundation dalam jumlah banyak. Harapannya: menyembunyikan semua garis dan kerut. Padahal, cara ini malah makin menonjolkan garis dan kerut tersebut. Sebaiknya tidak menggunakan foundation atau concealer pada area wajah yang memiliki masalah kerut dan garis halus, seperti sekitar mata dan garis senyum.

Tip:
Saat mengaplikasikan foundation atau concealer pada area kerut atau garis halus, gunakan jari manis atau kuas foundation.

Bedak berlebihan
Menggunakan bedak yang terlalu tebal sudah pasti akan mengganggu penampilan.  Kulit kering dengan bedak terlalu banyak cenderung membuat wajah terlihat ‘berat’ dan terlihat lebih tua. Untuk memberi kesan lebih alami, pilih bedak warna kekuningan.

Tip:
Saat mengaplikasikan bedak, Anda dapat menggunakan 2 alat, yaitu spons atau kuas. Jika ingin menggunakan spons, aplikasikan dengan cara ditepuk dan digeser, jangan digosok. Ingin memberi kesan lebih alami? Gunakan powder brush.

Eye-concealer kelabu
Concealer selalu menjadi pahlawan untuk mengamuflase area mata yang gelap. Namun, Anda memerlukan warna yang tepat agar tidak memberi kesan lebam dan tampak lelah. Setelah menggunakan concealer warna nude, lapisi kembali dengan concealer warna oranye. Paduan warna ini akan memberi kesan kulit tampak lebih alami.  

Tip:
Aplikasikan concealer di bawah pencahayaan yang cukup terang. Jika memungkinkan, gunakan pencahayaan luar ruangan untuk hasil yang lebih alami.


Annabella Siahaan
Foto: Dok. femina


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?