Career
Prospek Multilevel Marketing

7 Aug 2012

Banyak orang bilang multilevel marketing (MLM) itu merugikan. Tapi, jika melihat beberapa orang, mereka berhasil memiliki penghasilan jutaan bahkan puluhan juta dari rumah.

Multilevel marketing atau MLM itu sesungguhnya terdiri dari dua macam: MLM berbasiskan produk dan MLM berupa money games. Kedua jenis MLM ini bisa membuat para penggiatnya hidup berkecukupan, seperti karyawan yang berprestasi di sebuah bank. Pelaku MLM jenis produk biasanya menjalankan usaha berdasarkan prinsip-prinsip bisnis biasa, yaitu dengan kekuatan distribusi, produk berkualitas, didukung spirit kewirausahaan yang dikawal upliner yang termotivasi oleh insentif dan impian.  Kalau dilakukan dengan kesungguhan, mereka bisa sukses.

Kawan-kawan, kenalan, atau orang-orang yang Anda jadikan sasaran pasar bisa jadi akan merasa terganggu. Mereka Anda bujuk terus untuk menjadi downliner, padahal mereka tidak senang. Meski demikian, caranya sah secara hukum.

MLM jenis money games atau  permainan uang,  sama dengan judi.  Produknya hanya sekadar ada, yang penting uangnya dilipatgandakan pengelola dengan perhitungan yang tidak masuk akal.  Kalau ingin usaha MLM, Anda jauhi MLM yang bersifat money games. Anda harus curiga jika ada penawaran MLM yang menjadikan barang/produk hanya sekadar syarat.  

Curigai juga MLM yang terlalu mudah memberi janji, seperti:  sekadar taruh uang, dapat uang dengan mudah. Janji seperti ini memang membuat ngiler, karena mendapat uang tanpa bekerja keras. Tapi, cepatlah sadar, karena  itu judi yang akan merugikan orang lain, yaitu mereka yang bergabung belakangan, juga reputasi Anda kelak. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?