Beauty Trend
Popularitas Essential Oil

29 Aug 2012


Kejenuhan terhadap rutinitas dan tekanan hidup yang tinggi memicu hasrat wanita mencari alternatif. Begitu juga dalam hal perawatan kulit dan kecantikan. Di tengah bombardir berbagai produk kecantikan dan perawatan berteknologi tinggi dengan inovasi, popularitas bahan organik lewat essential oil ternyata mulai menanjak dan digemari oleh wanita. Apalagi embel-embel organik yang sering diasosiasikan tidak mengandung bahan kimia tampak menggiurkan karena meminimalisir efek samping yang ditimbulkan dalam jangka waktu lama. Kini, essential oil tidak hanya sekadar aromaterapi yang beguna untuk relaksasi, namun khasiatnya juga luar biasa bagi kulit dan kecantikan.
 
Essential oil adalah cairan berkonsentrasi tinggi yang diperoleh lewat proses distilasi dengan mengekstraksi bagian batang, akar, bunga, maupun resin tumbuhan yang memiliki aroma khas. Meskipun disebut essential oil, namun bukan berarti teksturnya berminyak. Essential oil yang bagus memiliki tekstur seperti air, tidak meninggalkan noda dan mengering bila diteteskan ke kertas Essential oil bekerja lewat indera penciuman dan indera peraba dan masuk ke dalam peredaran darah dan sistem syaraf. Efektifitas penyerapannya ke dalam tubuh 100 kali lebih cepat daripada air dan 10000 kali lebih cepat daripada sodium dan chloride. Metode pengaplikasiannya juga beragam, diantaranya dengan penguapan menggunakan alat diffuser, diteteskan dalam air berendam dengan dicampurkan susu terlebih dahulu agar penyebarannya merata, ataupun langsung dioleskan di pusat nadi seperti pergelangan tangan atau leher.

Selain essential oil, ada beberapa carrier yang  digunakan sebagai campuran essential oil. Carrier memiliki efek untuk menentukan tekstur essential oil yang diinginkan. Misalnya jojoba dan shea butter yang memiliki tekstur kental seperti wax dan memiliki efek mengunci kelembapan kulit. Sedangkan Aloe Vera Gel adalah carrier yang memiliki efek hidrasi dan mendinginkan kulit. Sweet almond oil pada umumnya berfungsi sebagai campuran essential oil yang digunakan untuk pemijatan tubuh, dan juga dapat digunakan sebagai make up remover dan moisturizer.  Sedangkan French Clay Argyle biasa digunakan sebagai campuran masker wajah.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?