Money
Pinjam Bank atau Keluarga?

15 Nov 2011

Seandainya Anda ingin membuka sebuah usaha, tapi terbentur masalah modal, apa yang Anda lakukan? Pilihannya mungkin pinjam bank atau keluarga. Mana yang lebih baik?

Menurut konsultan keuangan Lilis Setiadi, semua tergantung tingkat kedekatan, dan sejauh mana Anda dapat berkomunikasi dengan kerabat Anda secara terbuka. Apabila hubungan Anda berdua cukup dekat, Anda sebaiknya duduk bersama. Tujuannya, agar kerabat Anda mendapatkan gambaran yang lengkap tentang jenis usaha, risiko, investasi, dan berapa lama investasi itu akan menghasilkan keuntungan. Kalau kerabat Anda menunjukkan sikap positif, bila perlu, undang untuk menjadi mitra bisnis Anda. Dengan demikian, perhitungan pinjaman dapat dibuat lebih jelas di atas kertas.

Tapi, kalau hubungannya biasa-biasa saja, dan Anda melihat potensi kesulitan berkomunikasi di kemudian hari, lebih baik Anda mencari alternatif pinjaman lain, misalnya bank. Walaupun mungkin bunganya lebih tinggi dan prosesnya panjang, akan lebih baik dibanding ketidakjelasan atau kerenggangan hubungan dengan keluarga di kemudian hari. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?