Celebrity
Pesta Insan Perfilman Indonesia

26 Nov 2015

Dari tahun ke tahun, Festival Film Indonesia (FFI) atau yang biasa dikenal sebagai penganugerahan Piala Citra, jadi ajang yang paling ditunggu insan dan penikmat perfilman Indonesia. Tak terkecuali malam puncak FFI 2015 yang digelar 23 November lalu di  Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.
    “Harapannya, lewat pergelaran ini bisa menginspirasi sineas-sineas baru dan juga jadi wadah sineas-sineas lama untuk berkembang,” ujar Lukman Sardi, Ketua Bidang Media dan Publikasi FFI 2015.
    Rangkaian acara yang telah dimulai sejak Oktober lalu ini tak bertujuan sekadar bagi-bagi piala semata, tapi juga digelar program workshop seputar perfilman yang dilaksanakan di Padang, Batam, Yogyakarta, Makassar, dan Banten.
“Kami berupaya mengembangkan bibit-bibit yang ada di daerah juga dan ternyata mereka sangat haus akan ilmu-ilmu di bidang perfilman seperti pembuatan skenario film, kelas akting, dan banyak lagi,” tukas Lukman.
    Acara tahun ini yang mengambil tema ‘Teater dan Film’ untuk mengenang sinemais (Alm.) Teguh Karya sebagai sutradara peraih Piala Citra terbanyak, juga mengadopsi sistem penjurian baru yaitu Lifetime Membership atau sistem voting yang dilakukan seluruh nominee FFI tahun lalu. Dari 140 judul film Indonesia yang diproduksi sepanjang 2015, tersaring 61 film yang layak ikut ajang penghargaan yang telah digelar sejak tahun 1955 ini.
Dari hasil penjurian, kemudian dinobatkan ‘Siti’ sebagai film terbaik 2015. Film dengan format hitam-putih yang belum pernah diputar di layar kaca tanah air ini berkisah tentang potret kehidupan wanita yang harus menjalani kehidupan sebagai pramuria karena kebutuhan ekonomi.
    "Siti" Film berbujet rendah besutan sutradara Eddie Cahyono mengalahkan ‘A Copy of My Mind’ (Joko Anwar), ‘Mencari Hilal’ (Ismail Basbeth), ‘Toba Dreams’ (Benny Setiawan), dan ‘Guru Bangsa Tjokroaminoto’ (Garin Nugroho). Film ini mendapatkan lima nominasi dan menyabet tiga Piala Citra di perhelatan FFI 2015.  Sebelumnya film Siti telah lebih dulu dikenal dan meraih penghargaan mancanegara dan masuk hampir ke 20 festival film skala internasional
  Sutradara Terbaik diraih Joko Anwar lewat film ‘A Copy of My Mind’. Di kategori Pemeran Utama Wanita dan Pria, masing-masing diraih oleh Tara Basro dan Dedy Soetomo. 

(Reynette Fausto/Foto: KIR)

    


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?