Food Review
Pesona White Tea

22 Jul 2011

Menikmati secangkir teh hangat di Kedai Teh Laresolo, begitu mengasyikkan. Apalagi, jika acara minum tehnya langsung ditemani oleh sang pemilik, Bambang Laresolo, seorang pencinta teh.

Sambil menikmati teh Cina suguhannya, femina mendapatkan banyak cerita tradisi minum teh. Dari teh oolong berlegenda Kuan Yin (Dewi Welas Asih), keunikan bentuk white tea Cina yang dijahit dan dipres berbentuk bola bekel, yang akan mekar menjadi bunga ketika diseduh, hingga melihat kekhusyukan Bambang dalam memperagakan kungfu cha (ritual minum teh oolong khas Cina), membuat femina terpana.

Keunikan tersendiri membuat kedai yang baru sebulan berdiri ini layak dibicarakan. Teh yang tersaji di sini bukanlah teh umum seperti  teh nagistel (panas, legi, kentel) atau teh poci, melainkan teh kualitas tinggi seperti teh oolong Kepahiang (Bengkulu), white tea dari Perkebunan Dewata, Ciwidey, teh hitam kualitas OP (Orange Pekoe) yang selama ini hanya diekspor, hingga puerh (Cina). Semua disuguhkan dengan peralatan sesuai dengan negara asalnya.

Koleksi tehnya kebanyakan didapat Bambang dari para sahabat di komunitas teh yang dikelolanya, dan dari pertemanan di komunitas makan Jalansutra. Dipasang dengan harga terjangkau. “Yang penting bisa menularkan kepekaan menghargai teh dan menyebarkan manfaat kesehatannya,” ujar pria Solo yang hobi ngeteh sejak kecil ini.

Salah satu koleksi teh yang memesona adalah white tea. Selain karena cita rasanya sangat ringan, proses pembuatannya tidak difermentasi layaknya black tea. Dengan proses minimalis ini, tidak banyak kandungan katekin teh yang terbuang. Cita rasa sepatnya cukup dalam taraf membelai lidah. Diminumnya tanpa gula.

Seduhan lain yang bisa merelaksasi tubuh adalah gen maicha. Teh ini merupakan bancha (teh hijau Jepang) yang ditambahkan beras merah sangrai. Sebuah kolaborasi sehat, antara antioksidan dari teh hijau, serta vitamin B dari beras merah yang bisa mengusir racun dari dalam tubuh. Ingin tahu lebih banyak? Ajak keluarga Anda belajar mengapresiasi teh di kedai sederhana ini. (TN)

Lokasi: Kompleks Agripark, Jl. Taman Kencana No.3, Bogor, Telp: 08159127156/ blog http://kedai-teh-laresolo@blogspot.com. Harga*): Rp5.000 - Rp15.000 (Lung Ching). Jam buka: 12.00 – 23.00 WIB. Suasana: Ngeteh sambil lesehan di sebuah taman umum yang tidak terlalu ramai.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

FOTO: TN.




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?