Sex & Relationship
Perlu Angkat Polip di Rahim?

22 Jun 2012


Selama masa kehamilan tidak sedikit wanita yang mengalami perdarahan. Salah satu penyebabnya adalah polip di leher rahim. Apakah kondisi ini akan membahayakan janin? Perlukah dilakukan operasi pengangkatan polip?

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG., polip adalah tumbuhnya jaringan selaput lendir rahim (endometrium) yang berlebihan, yang berbentuk seperti jamur. Polip tumbuh akibat meningkatnya kadar hormon estrogen.

Polip pada cervix (leher rahim) yang terjadi pada masa kehamilan memang mudah sekali menyebabkan perdarahan. Karena, jaringan yang tumbuh tersebut mengandung lebih banyak pembuluh darah dan kondisinya lebih rapuh. Bila terjadi gesekan atau infeksi pada polip, biasanya akan muncul bercak darah di sela-sela masa menstruasi.

Umumnya, polip tidak perlu diangkat karena dianggap tidak berbahaya. Namun, jika harus diangkat, bisa dilakukan dengan tindakan kuret, yang sebenarnya malah berisiko, karena dapat menimbulkan perdarahan yang sulit diatasi.

Polip biasanya akan lepas dan hilang bersamaan dengan proses persalinan. Agar tidak terjadi perdarahan lebih lanjut, sebaiknya Anda dan suami tidak melakukan hubungan seksual terlebih dulu.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?