Sex & Relationship
Perdarahan Setelah Hubungan Intim

16 Apr 2014


Beberapa kali setelah berhubungan intim dengan suami, Anda menemukan darah keluar dari vagina, padahal tidak sedang datang bulan. Apakah ini perlu diwaspadai?

Perdarahan yang terjadi saat atau setelah hubungan seksual dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan hormon, infeksi leher rahim, polip (tumor jinak leher rahim), atau kanker serviks (tumor ganas leher rahim). Mengingat penyebabnya yang berisiko tinggi, sangat disarankan untuk  segera memeriksakan diri ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Apabila selama ini Anda rutin melakukan pap smear dengan hasil pemeriksaan yang baik, maka kecil kemungkinan ada kelainan berbahaya, seperti kanker serviks.

Bila terjadi perdarahan seperti yang Anda alami, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan guna melihat kondisi leher rahim (serviks) dan mencari tahu ada tidaknya kelainan. Bila diperlukan, dokter akan menambahkan pemeriksaan ultrasonografi (USG) vaginal untuk melihat kondisi rahim secara keseluruhan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?