Health & Diet
Pegal Gejala Kolesterol

2 Jan 2013


Sering mengalami sakit atau pegal pada tengkuk hingga ke pundak? Cepat juga merasa  lelah dan mengantuk. Apakah ini termasuk gejala kolesterol?

Masyarakat di negara kita percaya bahwa rasa pegal yang muncul, salah satunya disebabkan oleh kolesterol darah yang tinggi. Padahal, tidak ada penelitian yang membuktikan adanya keterkaitan hal tersebut dengan hiperkolesterol (dyslipidemia). Rasa pegal pada bagian tersebut tentu disebabkan oleh otot yang digunakan berlebihan pada satu posisi saja, sehingga mengurangi kelenturan. 

Kemungkinan besar, hal ini sering terjadi pada orang yang sering duduk dalam waktu lama. Juga pada orang yang terlalu sering bekerja di depan layar komputer, atau kurang olahraga. Keluhan seperti ini lebih sering terjadi pada mereka yang bertubuh gemuk. Jadi, pegal-pegal bukan disebabkan kolesterol tinggi.

Sebagai langkah pencegahan, konsumsi makanan yang rendah lemak. Perbanyak sayuran dan buah, plus olahraga setidaknya 30 menit sehari. Jika Anda masih belum yakin, periksakan diri ke dokter dan lakukan tes darah untuk memastikan kadar kolesterol dalam tubuh.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?