Trending Topic
Opera Ibu, Perpaduan Indah Opera dan Musik Klasik

24 May 2012

Ananda Sukarlan, pianis Internasional kembali hadir dengan karyanya “Opera Ibu” yang akan digelar di Gedung Kesenian, Jakarta , Sabtu (26/5) pukul  18.30.
Opera yang diangkat dari cerpen Seno Gumira Ajidarma ini menceritakan pengorbanan seorang  ibu dalam untuk mencari anaknya. Cerita tragis ini nantinya dikemas dengan perpaduan musik klasik. “Ini merupakan opera yang jarang ditemukan karena hanya menampilkan seorang tokoh”, ungkap Ananda Sukarlan

Opera ini menjadi istimewa karena ditampilkan oleh pianis Ananda Sukarlan, Soprano Aning Katamsih dan fluet asal Inggris  Elizabeth Ashford.  Tak hanya bernyanyi, Aning Katamsih juga akan berakting sekaligus berdeklamasi  selama opera berlangsung.

Adalah  Mitra Seni Indonesia (MSI),  sebuah perkumpulan nirlaba non politik yang merupakan wadah para peduli, pemerhati,  pelaku, dan pencinta seni yang menjadi penggagas opera ini.  Lewat “Opera ibu”  MSI ingin lebih memperkenalkan musik  klasik ke masyarakat.  “Tidak semua masyarakat minat terhadap musik klasik, salah satu tujuan acara ini adalah semoga masyarakat setelah melihat opera ini jadi bisa lebih mencintai musik klasik dan kususnya opera”, kata Poppy Hayono,  selaku ketua panitia.

Sedangkan Ananda Sukarlan berpendapat, bahwa opera ini bertujuan untuk mengapresiasi seni, dengan menyampaikan pesan secara artistik.  Opera Ibu merupakan pertunjukan malam dana yang hasilnya akan diberikan kepada sepuluh seniman dan pengrajin yang paling berprestasi tetapi kurang beruntung. 

Nanda Irawan, ketua MSI, menambahkan bahwa bantuan yang diberikan MSI bukan hanya berupa dana tetapi juga alat bagi seniman untuk dapat terus berkarya.  Paduan suara yang beranggotakan para anggota MSI turut ambil bagian dalam opera ini.   

Sera Mirsa



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?