Home Interior
Mural, Grafitti, Trick Art

9 Oct 2015


Berawal dari beasiswa yang membawanya ke Kota Philadelphia, Richard Rich begitu terpesona oleh keindahan mural yang belum banyak ia jumpai di Indonesia. Inilah yang lantas menjadi awal  munculnya ide untuk serius berbisnis mural di negara sendiri, sehingga akhirnya didirikanlah Indonesia Mural.

Indonesia Mural terdiri atas beberapa seniman mural yang diketuai langsung oleh Richard. Tak hanya mural, ia juga menangani ‘proyek gambar’ lainnya, seperti graffiti dan trick art. “Awalnya klien akan kami beri pengertian mengenai apa yang sebenarnya mereka inginkan, apakah itu mural, graffiti, atau trick art. Karena, ketiganya berbeda,” ungkap Richard. Mural adalah lukisan dua dimensi yang biasanya dibuat pada dinding atau plafon ruang menggunakan cat akrilik atau cat minyak. Graffiti adalah gambar yang merupakan kreasi bentuk suatu tulisan, sedangkan trick art tak jauh berbeda dengan mural, namun memberikan efek tampilan tiga dimensi dari sudut pandang tertentu.

Richard menuturkan, saat ini proyek mural yang paling banyak ia kerjakan adalah pada interior bangunan komersial, seperti kantor, restoran, dan kafe. Namun, ia tak menampik bahwa banyak pula proyek mural untuk hunian yang ia terima. “Untuk hunian, biasanya pemilik rumah minta dibuatkan mural untuk kamar tidur anak atau ruang keluarga. Gambarnya bisa pemandangan atau tokoh kartun kesukaan anak,” jelas Richard.
Seperti pengerjaan dinding dekoratif pada umumnya, untuk bidang seluas kurang lebih 3 x 4meter tim dari Indonesia Mural hanya membutuhkan waktu 3 - 7 hari sesuai tingkat kerumitan. Penerapan mural pada hunian tidak terpaku pada satuan tertentu dan motifnya bisa disesuaikan dengan citra ruang yang diinginkan si pemilik rumah. Bahkan, pemilik rumah bisa memesan mural pemandangan yang dapat memberi kesan  luas pada ruang. Tak hanya untuk interior, indahnya mural juga bisa mereka buatkan untuk dinding eksterior Anda.

Tip dari Richard
- Pastikan dinding yang akan digambari mural bebas dari rembesan.
- Pada permukaan dinding juga tidak boleh ada retak atau coak karena akan berpengaruh pada mural.
- Sebaiknya mural tidak dibuat pada ruangan berkelembapan tinggi (contohnya kamar mandi) karena dapat merusak mural.

NATHANIA HAPSARI






 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.