Home Interior
Mood Board: Yellow

20 Jun 2014


Saat ini warna kuning mendapatkan tempat di hati banyak pencinta desain, khususnya interior. Mereka menyadari,  membawa warna kuning ke dalam ruangan dapat meningkatkan suasana gembira, cerah, dan percaya diri bagi  yang melihatnya. Tentu saja warna kuning tidak berdiri sendiri untuk mencapai tingkat suasana tertentu. Kuning bersahabat sangat baik dengan warna abu-abu, biru, dan hitam. Jika dipadankan bersama dalam satu ruangan, bisa menimbulkan imajinasi yang kuat pada desain modern.
Sekarang bagaimana caranya untuk mengomposisikan warna kuning dengan warna jodohnya itu secara visual? Sebelum merancang dan menata perabotan di dalam ruangan, kita membutuhkan alat yang dapat menuntun penyusunan komposisi bentuk dan warna. Alat itu dinamakan mood board atau papan visual penuntun suasana.
Membuat mood board  adalah cara yang baik untuk mendapatkan inspirasi, melacak ide-ide yang bermunculan dan dapat memvisualisasikan bagaimana ruangan Anda akan terlihat.

Cara membuat mood board:


1. Kumpulkan foto-foto dan koleksi warna kuning yang Anda sukai. Gunakan potongan-potongan dari barang-barang fashion, furniture, pernak-pernik, atau gambar  apa pun yang  sangat Anda sukai, membuat Anda merasa senang  dan gembira, dan  ingin memasukkannya ke dalam ruangan. Carilah tekstur, warna, dan bentuk yang menarik bagi Anda.

2. Telusuri situs  interior, arsitektur di internet, baca banyak  majalah dan buku desain. Lihat juga iklan furniture dan rumah. Kliping foto-foto yang Anda sukai. Potong gambar-gambar furniture, lampu, vas dan aksesori  lainnya yang mewakili gaya yang Anda sukai.

3. Membuat sketsa apa yang Anda inginkan/perlihatkan dari ruangan. Gunakan pensil warna untuk menangkap beberapa warna yang diinginkan di dalam ruangan.

4. Dapatkan secarik kecil contoh kain untuk pelapis sofa, gorden, dan bantal. Pergi ke toko kain untuk membeli potongan-potongan kain yang Anda maksud.

5. Cari contoh warna cat yang Anda sukai di toko bangunan. Dapatkan katalog pantone warna jika mereka punya. Kalau sempat, ketika ke toko cat bawa  papan tripleks ukuran 65 cm x 35 cm untuk mencoba olesan kecil cat yang dipilih. Jika sudah punya beberapa kandidat warna yang menarik, belilah dalam ukuran kaleng terkecil. Sapukan cat pada mood board sebagai latar belakang benda-benda. Sapuan cat ini mewakili warna dinding ruangan Anda.

6. Pasang gambar/foto yang sudah Anda gunting ke mood board. Gunakan alat perekat sehingga Anda dapat menambahkan atau menghapusnya. Tempatkan dalam urutan umum ruang, misalnya gambar pola/warna lantai di bagian bawah, furniture-furniture di bagian tengah, aksesori interior letakkan menyebar dan ide-ide bagian konstruksi rumah, seperti jendela, pintu, dan tangga letakkan di bagian atas. Dengan urutan komposisi ini, akan mudah mendapatkan ‘gambaran’ visual yang jelas tentang suasana ruangan Anda.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?