Trending Topic
Merayakan Cokelat di Paris

1 Nov 2012

Di tangan yang tepat, cokelat bisa berubah menjadi karya seni yang mengagumkan. 

Rabu (31/10) festival cokelat internasional, Salon du Chocolat atau yang lebih dikenal sebagai Paris Chocolate Show dibuka di Port de Versailles, Paris, Prancis. Inilah ajang bertemunya para pembuat dan pencinta cokelat dari seluruh dunia.  

Di festival ini, cokelat hadir dalam beraneka wujud yang bisa kita temukan sehari-hari, seperti sepatu, taman bunga, mobil, hewan-hewan lucu, lukisan, bahkan Menara Eiffel. Dunia seolah berubah menjadi cokelat di sini! Namun yang paling menarik perhatian tentu saja peragaan busana yang terbuat dari cokelat. Salah satunya, busana unik yang dikenakan oleh Kim Yoo Jung (lihat foto), aktris asal Korea Selatan. 

Edukasi tentang cokelat tentu menjadi agenda utama. Segala sesuatu tentang cokelat dibahas lengkap di Chocosphere yang tahun ini mengangkat beberapa tema, di antaranya: cokelat dan kesehatan, inovasi dan penemuan terbaru tentang cokelat, serta rahasia kelezatan cokelat dari berbagai penjuru dunia. 

Meskipun cokelat padat lahir di Inggris pada tahun 1674, dan warga Inggris merupakan konsumen cokelat keenam terbesar di dunia, namun fakta berikut menjawab mengapa Paris menjadi tuan rumah festival ini. Warga Prancis sangat bangga menyebut diri mereka sebagai chocoholics, pencinta cokelat sejati. Prancis mencatat 94% warganya sebagai pemakan cokelat, bahkan 70 persen di antaranya makan cokelat setidaknya sekali dalam sepekan!  

Selama festival berlangsung, area Chocoland di festival ini terbuka untuk anak-anak usia 4-10 tahun yang ingin belajar menjadi seniman cokelat didampingi seorang chef. Seru! Selain belajar mendekorasi  cokelat, anak-anak dilatih agar bisa berkreasi dengan cokelat kesukaan mereka. 

Paris Chocolate Show akan berlangsung hingga 4 November 2012 mendatang dengan acara puncak penganugerahan Chocolate Awards 2012 kepada para chocolatier terbaik dunia. 

Rahma Wulandari
Foto: © Matteo Pellegrinuzzi/Demotix/Corbis
 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?